|

Ternyata Ini 6 Khasiat Sereh

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Tanaman sereh selalu erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi. Dengan tanaman sereh cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu : kalium, zat besi, magnesium, vitamin B. Sereh pun dapat dijadikan sebagai aromaterpi yang menenangkan untuk kesehatan.
1. Mengatasi Depresi
Serai dapat menurunkan berbagai macam gejala depresi seperti stres, cemas, hingga insomnia. Aroma serai dapat menenangkan dan membantu relaksasi otot juga saraf sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak dan otak juga akan merasa lebih rileks

2. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat Sifatdeureti ftpk pada serai mampu membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Perlu diketahui bahwa kelebihan kadar garam dalam tubuh memang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi. Sehingga jika kamu mengonsumsi serai secara rutin maka tekanan darah pun akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

3. Menjaga Kadar Kolesterol
Manfaat serai bisa mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik. Sebaliknya, serai mampu menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan. Meskipun serai dapat mencegah kadar kolesterol naik, tapi masih harus diuji kembali manfaat daun sereh pada pasien yang sudah terlanjur memiliki penyakit kolesterol tinggi.

4. Menghindari Gigitan Nyamuk
Aroma pada serai yang segar dan memiliki efek menenagkan mungkin disukai oleh manusia. Namun, wangi serai ternyata dibencei oleh serangga, terutama nyamuk. Kamu bisa mengoleskan minyak serai secara berkala pada kulit sehingga membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

 5. Untuk Kulit dan Rambut 
Serai merupakan tanaman yang memiliki sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus karena memiliki nutrisi penting untuk kulit tubuh dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai bisa membersihkan kulit, mengatasi tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati jerawat. 

6. Pereda Nyeri otot dan sendi
Efek analgesik tidak hanya dapat dirasakan untuk meredakan sakit perut, tetapi juga jenis nyeri lainnya seperti nyeri otot dan juga nyeri sendi. Dengan sereh dapat meredakan nyeri otot dan sendi dengan cara konsumsi teh sereh atau dengan melakukan pijat menggunakan minyak sereh yang memiliki aroma theraphy yang menenangkan.

Jika sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter sebelumnya tentang penggunaan sereh sebagai obat pendamping. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! minyak sereh.


sumber : Herbalnatif.com

Komentar

Berita Terkini