SEA Games 2019: 2-1 Vietnam menang tipis atas Indonesia

armen
Minggu, 01 Desember 2019 - 21:56
kali dibaca




Mediaapakabar.com-Timnas Indonesia U-23 harus mengaku keunggulan Vietnam dengan skor akhir 1-2 dalam laga Grup B SEA Games XXX/2019 Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Minggu (1/12) malam.

Dalam laga itu, Indra Sjafri yang membesut Timnas Indonesia U-23 menurunkan line up yang berbeda. Indra menyimpan Evan Dimas, sedangkan pemain bernaluri bertahan seperti Rachmat Irianto dan Alekvan Dodi langsung dimainkan.

Syahrian Abimanyu juga tak ditampilkan. Ada Irham Zahrul yang menggantikan peran Abumanyu.

Demikian pula di barisan depan, Sani Rizki Fauzi diturunkan terlebih dahulu, sementara Egy Maulana jadi cadangan. Rupanya, Indonesia U-23 ingin membiarkan pemain-pemainnya yang sudah kelelahan beristirahat terlebih dulu.

Adapun Vietnam tampil dengan kekuatan terbaiknya. Mereka mengincar kemenangan atas skuat Garuda Muda demi mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup B.

Terbukti, saat peluit kick off berbunyi, tim berjuluk Young Golden Star itu langsung memberikan tekanan ke gawang Indonesia. Vietnam memperoleh dua kesempatan bagus, tetapi kiper Indonesia Nadeo Argawinata masih bisa mengantisipasinya.

Indonesia memang terlihat memperlambat tempo permainan. Garuda Muda memancing pemain-pemain Vietnam untuk ikut menyerang, seingga anak-anak asuhan Indra Sjafri bisa melakukan serangan balik.

Siasat itu membuahkan hasil. Umpan crossing dari Asnawi di sisi kanan gagal dihalau oleh kiper Vietnam.

Bola melintir hasil sepakan Asnawi mengenai mistar dan memantul. Sani Rizki Fauzi yang ada di jantung pertahanan Vietnam langsung bergerak gesit menyundul bola muntahan itu sehingga gol untuk Indonesia tercipta pada menir ke-23.

Ketinggalan satu gol membuat Vietnam berusaha meningkatkan daya gedornya. Namun, barisan pertahanan Merah Putih masih mampu mengantisipasi serangan-serangan Vietnam sehingga babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Vietnam memaksa Garusa Muda mengikuti tempo permainan mereka. Vietnam memainkan tempo cepat untuk menekan Indonesia.

Kerja keras tim asal Negeri Paman Ho itu membuahkan hasil saat laga menginjak menit ke-63. Nguyen Tan Chung mampu memanfaatkan bola dari sepak pojok.

Heading Tan Chung membobol jala gawang Indonesia yang dijaga Nadeo. Skor berubah menjadi 1-1.

Indra Sjafri menerapkan strategi lain. Mantan pemain Timnas Indonesia itu memasukkan Egy Maulana Vikri sampai Syahrian Abimanyu. 

Namun, perubahan itu tak efektif. Pasalnya, Indonesia jadi terbawa ritme permainan Vietnam yang supercepat.

Indonesia terlihat keteteran meladeni Vietnam. Puncaknya, saat masa injury time babak kedua, Vietnam yang terus memberikan tekanan menjadikan Indonesia kelabakan.

Sebuah sepakan keras Nguyen Hoang Duc membuat skor berubah 1-2 untuk keunggulan Vietnam. Skor itu bertahan sampai laga usai dan Indonesia harus mengubur dalam-dalam keinginannya menjadi juara grup

Sumber : JPNN.com


Share:
Komentar

Berita Terkini