Sandang Bintang Tiga, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo Dipromosikan Jadi Kabareskrim Polri

armen
Jumat, 06 Desember 2019 - 13:56
kali dibaca
Listyo Sigit Prabowo saat menjabat Kapolda Banten. Foto/SINDOnews
Mediaapakabar.com-Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akhirnya menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala bareskrim Polri. Jabatan ini sebelumnya kosong selama hampir sebulan lebih.

Penunjukan ini tertuang dalam telegram Nomor ST/32/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019). "Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

Dalam telegram tersebut, Sigit diangkat menjadi Kabareskrim. Dia sebelumnya menduduki posisi Kadiv Propam.

Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Sigit sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri. Seperti diketahui, Firli akan segera dilantik menjadi Ketua KPK. Sementara posisi Firli akan diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Utara.Untuk posisi Kapolda Sumatera Utara akan dijabat Irjen Martua Sormin yang saat ini menjabat Assops Kapolri.

Listyo Sigit merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Pada 2014 dia didapuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Kemudian, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri (Skep) Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kapolrestabes Kota Semarang lalu Kapolres Solo. Adapun pada 2012, pada saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta dengan pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara.



Sumber : Sindonews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini