|

Ratusan Personil Polda Sumut Gelar Sholat Gerhana Matahari

Kali Dibaca


Personil Poldasu beserta ASN saat melaksanakan Sholat Gerhana Matahari.

Mediaapakabar.com-Ratusan personel kepolisian dan aparatur sipil negara (ASN) yang berdinas di Mapolda Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan Sholat Gerhana Matahari di Masjid Al Hidayah Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Kamis (26/12).

Bertindak sebagai Imam Shalat Gerhana Matahari di Mapolda Sumut yakni Alhafiz Rio Hamsari. Setelah Sholat lalu diisi dengan khotbah yang dibawa oleh Ustaz Syamsul Yahya Panjaitan.
Ustaz Syamsul menjelaskan, Shalat gerhana matahari telah dilakukan zaman Nabi Muhammad SAW pada tahun ke 10 Hijiriyah di akhir bulan Syawal. Tujuannya agar terhindar dari bencana dan bahaya lainnya. “Jika terjadi gerhana di zaman Rasulullah, dia selalu beribadah, salat, berzikir, berdoa takbir, salawat, sampai gerhana itu berakhir. Setelah itu barulah Rasulullah sedekah dan bersedekah itu juga tidak melihat besar dan kecilnya jumlah,” kata Ustaz Syamsul.
Ustaz Syamsul mengaku Shalat Gerhana pertama kali dilakukan saat bertepatan dengan wafatnya putra Rasulullah bernama Ibrahim. Namun, gerhana itu bukan disebabkan wafatnya putra Rasullah, karena itu merupakan kebesaran dan kekuasan Allah SWT. “Memang, disaat gerhana matahari itu terjadi, bertepatan dengan meninggalnya putra nabi, tapi itu dibantahkan dengan sebuah hadis. Bahwa sesungguhnya gerhana merupakan tanda dari kebesaran Allah SWT,” ucapnya.
Ustaz Syamsul menambahkan, apabila terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan, ia menyarakan kepada umat muslim untuk selalu mengingat Allah. “Bertakbirlah, Sholat lah, lalu jika punya kelebihan rezeki, bersedekalah,” tutupnya. 



Sumber : Topkota.com
Komentar

Berita Terkini