Pemkab Taput Peringati Hari Ibu ke-91 tahun 2019.

Media Apakabar.com
Senin, 23 Desember 2019 - 21:37
kali dibaca
Ketua TP. PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan di Hari Ibu ke-91
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson Nababan yang diwakili Sekda Indra Simaremare bersama Ketua TP. PKK Taput Satika Nikson Nababan didampingi Kadis PPKBP3A Sudirman Manurung menghadiri Peringatan Hari Ibu ke-91 Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019, bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung (Senin, 23/12).

Peringatan dengan tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju',juga dihadiri Forkopimda/mewakili, Wakil Ketua DPRD Fatimah Hutabarat dan Anggota DPRD Sondang Simaremare, para pengurus Persit Kartika Chandrakirana, Adiaksa Dharma Karini, Bhayangkari, Dharma Yukti Karini dan Dharma Wanita Persatuan Taput serta para TP. PKK Kecamatan se-Tapanuli Utara.

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menjelaskan peran Ibu sangat sentral dalam mensejahterakan keluarga dan memajukan pembangunan.

"Ada ungkapan yang mengatakan 'Dibalik pria sukses ada perempuan hebat' itu adalah kenyataan yang harus kita akui kebenarannya. Disamping itu, sesuai data bahwa pembangunan meningkat dalam 5 tahun terakhir kepemimpinan bapak Bupati Nikson Nababan namun masih ada persoalan serius yang harus kita hadapi yaitu masalah stunting, untuk itu diharapkan peran serta para kaum ibu untuk turut mengatasinya, seperti aktifkan dan kembangkan apotik hidup.

Kita juga berharap agar Dana Desa mampu mendukung program peningkatan gizi anak dan keluarga di desa.

Selamat Hari Ibu ke-91, semoga melalui peringatan ini dapat menciptakan kesetaraan Perempuan dan Laki-laki pada seluruh aspek kehidupan," ucap Sekda Indra Simaremare mengakhiri pidato Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Satika Simamora membacakan sejarah singkat Hari Ibu dan menjelaskan lambang Hari lbu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan: kasih sayang kodrati antara ibu dan anak;
kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak; kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Dalam laporan Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan tijuan kegiatan ini untuk terwujudnya kesetaraan perempuan dan laki-laki, penguatan karakter 'perempuan berdaya' dan meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah dalam mendorong kewirausahaan perempuan.

Dalam peringatan ini, dirangkai kegiatan diawqli dengan beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap kecamatan,  dengan juara sebagai berikut:


Lomba Manirat Ulos, Juara I Lumongga Lumbantobing (Tarutung)
Lomba Tata Rias, Juara I Yana Yunita Sinaga (Tarutung)
Lomba Masak Ombus-ombus, Juara I Pestaria Lumbantobing (Tarutung)
Pemilihan wanita tangguh dan mandiri, Juara I Urima Gultom (Pangaribuan).(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini