Meski Besar dan Lamban, Bukan Berarti B-52 Sasaran Mudah S-400

armen
Jumat, 27 Desember 2019 - 09:06
kali dibaca


B-52/USAF

Mediaapakabar.com-Amerika beberapa kali mengirimkan pembom B-52H Stratofortresses ke teater Eropa dan terbang di dekat perbatasan Rusia.

Dengan latar belakang meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Amerika, banyak yang mulai bertanya-tanya siapa yang akan menang dalam pertempuran pembom B-52 vs sistem pertahanan rudal S-400.
Dikembangkan pada 1950-an, pembom berat B-52 telah menjadi andalan Angkatan Udara Amerika Serikat selama 64 tahun. Pembom B-52 yang terhormat terlibat perang di Vietnam, Badai Gurun, dan Perang Melawan Teror di Afghanistan, Irak, Suriah. Dan tentu saja, dia adalah landasan pencegahan nuklir Perang Dingin Amerika selama beberapa dekade.
Bahkan pada usianya yang sudah tua, B-52 Stratofortress mampu menjatuhkan atau meluncurkan berbagai senjata tercanggih dan terkuat dalam inventaris Amerika  termasuk bom gravitasi, bom kluster, rudal presisi, dan joint direct attack munition. Desain dasar B-52 berevolusi dari pesawat yang mampu menjatuhkan bom mereka dari ketinggian 30.000 kaki.
Perlu dicatat bahwa sumber-sumber militer Rusia mengklaim bahwa lima pembom B-52H Stratofortress Angkatan Udara Amerika melakukan simulasi serangan nuklir terhadap sasaran di Rusia, termasuk Moskov dan St. Saint Petersburg selama penerbangan pelatihan pada 28 Maret lalu.
Pelatihan penerbangan pesawat pembom B-52H Amerika dengan jet tempur F-16 Norwegia di Laut Norwegia adalah salah satu contoh serangan rudal jelajah di luar zona deteksi radar pertahanan udara, serta di luar radius tempur pesawat pencegat supersonik MiG- 31.
B-52 klasik tidak dapat menembus pertahanan udara musuh, oleh karena itu diperlukan rudal jarak jauh. Tetapi, menurut situs web Airforce Technology, B-52H mampu membawa beberapa sistem rudal, termasuk rudal jelajah peluncur udara AGM-86A (dengan jangkauan 1500 mil), rudal AGM-84 Harpoon (dengan jarak 77 mil), rudal jelajah peluncur udara konvensional AGM-86C dengan jangkauan 1500 mil untuk berbagai operasi serangan.
Sebanyak 744 B-52 dibuat dengan yang terakhir adalah  B-52H, dikirim pada Oktober 1962. Modifikasi “H” adalah satu-satunya varian yang masih digunakan oleh Angkatan Udara Amerika. Meskipun B-52 adalah pesawat tertua dalam sejarah Angkatan Udara, masih tetap mematikan bagi musuh-musuh Amerika Serikat di seluruh dunia.
Adapun S-400 Rusia, itu adalah salah satu sistem rudal pertahanan paling modern di dunia saat ini. Sistem rudal permukaan ke udara S-400, yang sebelumnya dikenal sebagai S-300 PMU-3, dikembangkan pada 1990-an oleh Almaz Central Design Bureau Rusia sebagai peningkatan dari keluarga S-300.
Senjata ini telah beroperasi dengan Angkatan Bersenjata Rusia sejak 2007. Sumber terbuka melaporkan S-400 menggunakan empat rudal untuk mengisi kemampuan kinerjanya. Rudal jarak jauh 40N6  mampu menyerang pada 248 mil, 48N6 (155 mil) , rudal jarak menengah 9M96E2 dengan jangkauan 74 mil dan rudal jarak pendek 9M96E dengan jarak serang 25 mil.
Tetapi sebuah laporan yang baru-baru ini diterbitkan oleh Badan Penelitian Pertahanan Swedia, umumnya dikenal sebagai FOI, mempertanyakan kemampuan sistem anti-pesawat S-400 Rusia modern.
Dalam pemeriksaan lebih dekat, kemampuan Rusia tidak terlalu menakutkan, terutama jika penanggulangan potensial diperhitungkan.
Analisis menunjukkan bahwa jangkauan sebenarnya dari sistem anti-pesawat Rusia yang baru sebenarnya hanya 90-125 mil. Terhadap rudal terbang rendah yang diluncurkan dari pembom B-52, kisaran S-400 mungkin hanya jarak 12 mil.
Menurut sebuah laporan, rudal dengan jarak tempuh 248 mil, 40N6, belum beroperasi dan telah terganggu oleh masalah dalam pengembangan dan pengujian. Dalam konfigurasi saat ini, S-400 terutama harus dianggap sebagai ancaman terhadap pesawat bernilai tinggi besar seperti AWACS atau pesawat angkut di ketinggian sedang hingga tinggi, hingga kisaran 125-155 mil. Sebaliknya, jarak efektif melawan jet tempur lincah dan rudal jelajah yang beroperasi di ketinggian rendah bisa mencapai 12-20 mil.
Selain itu, terlepas dari kecanggihannya, baterai S-400 tergantung pada radar serangan tunggal dan memiliki sejumlah platform serangan. Karena itu rentan terhadap amunisi yang menargetkan radar serangannya dan serangan besar-besaran.
Jika dan ketika rudal 40N6 sudah beroperasi, jangkauan teknisnya yang mencapai 248 mil tidak dapat dieksploitasi secara efektif terhadap target di bawah sekitar 3.000 meter kecuali data target dapat diberikan dan diperbarui selama penerbangan rudal di udara atau.
Pada akhirnya konflik nyata yang dapat memberikan jawaban yang tepat. Tidak mudah untuk sepenuhnya memprediksi siapa yang akan menang dalam pertempuran epik antara pembom B-52 dan sistem rudal S-400. Ribuan faktor lain, seperti cuaca, kru, perang elektronik, dan banyak lagi, dapat memengaruhi situasi nyata.(Jejaktapak)
Share:
Komentar

Berita Terkini