Menakjubkan! Ini 6 Khasiat Cengkeh Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

armen
Senin, 23 Desember 2019 - 08:46
kali dibaca



Mediaapakabar.com-Cengkeh merupakan rempah-rempah dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue. Namun, kandungan nutrisi dalam cengkeh juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Diketahui, satu sendok teh cengkeh (2 gr) memiliki energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Cengkeh mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski jumlahnya sedikit. Beragam vitamin dan mineral penting inilah yang mendukung khasiat cengkeh untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

1. Melindungi dari kanker
Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Cengkeh mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kadar antioksidan dalam cengkeh bahkan lima kali lebih efektif dari pada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan. 

2. Membasmi bakteri penyebab penyakit
Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Minyak esensial cengkeh efektif membasmi bakteri E. coli yang menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan. Cengkeh juga berperan menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Jika tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

3. Meningkatkan kesehatan hati
Bukan hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh mampu meningkatkan kesehatan hati. Minyak cengkeh mampu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meredakan gejala sirosis hati. Dengan mengkonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu dapat menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati. Namun demikian, perlu diingat bahwa eugenol dapat berbalik menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Salah satu studi kasus menunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh untuk anak-anak dapat menimbulkan kerusakan hati yang serius.
4. Menjaga kesehatan tulang
Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis. Sebuah penelitian mengabarkan bahwa senyawa aktif pada cengkeh membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan masa tulang. Kandungan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

5. Mengobati sakit maag
Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi. Minyak esensial cengkeh yang tedapat di dalam cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

6. Mengendalikan kadar gula darah
Penelitian melaporkan bahwa senyawa yang ada di dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. Penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes. Cengkeh dan nigericin berguna untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang memiliki kewajiban untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Dalam kombinasi dengan diet seimbang, manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Sumber : Herbalnatif.com


Share:
Komentar

Berita Terkini