|

Mantap! Aljazair Borong Jet Tempur Rusia Dari Su-35 Hingga Su-57

Kali Dibaca


Delegasi Aljazair saat melihat Su-57

Mediaapakabar.com-Aljazair dilaporkan hampir menandatangani kontrak untuk membeli 14 jet tempur siluman Su-57. Jika kabar ini benar, maka Aljazair akan menjadi negara pertama di luar Rusia yang memiliki pesawat generasi kelima besutan Sukhoi tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Menadefense Angkatan udara Aljazair juga dikabarkan telah menandatangani dua kontrak untuk 14 bomber tempur Su-34 dan 14 jet tempur Su-35.

Kontrak disebut akan selesai pada tahun 2025. Pada akhirnya kekuatan udara Aljazair akan diisi oleh dua skuadron Su-30MKA,  satu skuadron Su-35, satu skuadron Su-57 dan satu skuadron Mig-29M2. Sementara untuk misi serangan darat mereka akan diperkuat oleh dua skuadron Su-24 yang telah diupgrade ditambah satu skuadron Su-34. Mereka juga akan menggunakan Yak-130 sebagai jet tempur latih tingkat lanjut.

Aljazair telah berjuang untuk meningkatkan kekuatan udara mereka. Awalnya Su-34 dan Su-35 menjadi pilihan utama dengan Su-57 disebut sebatas kemungkinan.
Keputusan untuk membeli jet-jet tempur Rusia diambil setelah kunjungan delegasi Aljazair di pertunjukan udara MAKS-2019 di Moskow beberapa waktu lalu. Panglima Angkatan Udara Jenderal Boumaiza yang datang dalam pameran itu sempat memeriksa Su-57.

Keinginan Aljazair untuk mendingkrak kekuatan udaranya tidak lepas dari upaya keras Maroko yang melakukan tindakan sama. Negara kecil ini telah mengakuisisi 25 jet tempur F-16 Viper.(jejaktapak)

Komentar

Berita Terkini