|
Follow Us :

Keren! Amerika Ingin Kirim Air ke Pasukannya di Gurun dengan Cara Menghisapnya dari Udara

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Militer Amerika sedang meneliti cara-cara untuk menangkap kelembaban di udara dan mengirimkannya kepada pasukan sebagai air minum di lingkungan yang gersang.

Badan Penelitian Proyek Pertahanan atau Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dalam pernyataan baru-baru ini mengatakan telah meluncurkan program Atmospheric Water Extraction (AWE) untuk mengeksplorasi cara mengekstraksi air minum dari udara dalam jumlah untuk memenuhi permintaan pasukan akan air minum di daerah yang kurang ramah, seperti daerah gurun.

Militer Amerika memiliki pasukan yang bertugas di di negara-negara Timur Tengah seperti Irak, Suriah, dan Afghanistan, serta beberapa bagian Afrika. Militer saat ini bergantung pada pengiriman air botol atau pemurnian sumber air tawar dan air asin untuk air minum di lokasi-lokasi ini.

Seth Cowen, manajer program AWE di DARPA, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa permintaan air minum adalah konstan di semua misi Departemen Pertahanan. Selama ini risiko, biaya, dan kompleksitas menjadi tantangan untuk mengirim air dalam waktu cepat.

Program AWE baru akan fokus pada pengembangan perangkat portabel yang dirancang untuk memberikan prajurit air minum harian, serta perangkat yang lebih besar yang dapat diangkut dengan kendaraan militer standar guna memenuhi permintaan seluruh kompi. .

DARPA memberikan penekanan teknologi ini akan membawa bahan-bahan yang mampu menyerap cairan, yang dapat dengan cepat menarik air dari udara  dan dengan cepat melepaskannya tanpa membutuhkan energi dalam jumlah yang signifikan.

“Jika program AWE berhasil menyediakan pasukan dengan air minum bahkan di iklim kering,  maka akan memberi komandan ruang untuk manuver dan membuat keputusan yang lebih besar serta memungkinkan operasi berjalan lebih lama,” kata Cohen sebagiamana dikutip Business Insider Senin 16 Desember 2019.(jejaktapak)

Komentar

Berita Terkini