Jangan Panik, Begini Cara Pertolongan pertama Pada orang Pingsan

armen
Jumat, 13 Desember 2019 - 07:58
kali dibaca



Mediaapakabar.com-Pingsan/tidak sadarkan diri pada seseorang dapat terjadi kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa saja. Bahkan beberapa orang lebih sering pingsan dibanding yang lainnya. Namun walaupun “sudah biasa” atau terlihat sepele, orang yang jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri tidak bisa dibiarkan begitu saja.
Ketika seseorang pingsan, asupan darah ke otak jumlahnya tidak mencukupi, sehingga kesadaran pun hilang untuk sementara.

Seseorang yang pingsan cendrung tidak memiliki kondisi medis yang spesifik, walaupun dapat juga disebabkan gangguan kesehatan yang serius. Walaupun demikian, cepat tangani seseorang yang pingsan atau kehilangan kesadaran sebagai darurat medis sampai tanda-tanda dan gejala berkurang dan penyebabnya diketahui.
4 langkah yang harus dilakukan untuk membantu orang pingsan.
1. Buat orang tersebut aman
Baringkan orang tersebut dalam posisi telentang. Tinggikan atau angkat kaki orang tersebut (dapat ditahan dengan sesuatu, asal letak kaki lebih tinggi dari badan) agar aliran darah ke otak kembali normal. Longgarkan bagian pakaian yang ketat, seperti membuka kancing celana/rok atau kancing kemeja.

2. Coba bangunkan
Goyangkan tubuhnya dengan kuat, tepuk-tepuk bagian pipi atau badan, atau bangunkan dengan suara. Bila orang tersebut tidak merespon, segera hubungi ambulans dan lakukan napas buatan jika diperlukan.

3. Setelah siuman
Apabila orang tersebut telah sadar, berikan jus buah, khususnya jika orang tersebut sudah tidak makan lebih dari 6 jam atau memiliki diabetes. Temanilah orang tersebut sampai ia benar-benar pulih dan segar kembali.

4. Hubungi rumah sakit
Kamu harus secepat mungkin menghubungi rumah sakit jika seseorang yang pingsan tersebut:
- Terbentur kepalanya saat jatuh.
- Pingsan lebih dari sekali dalam sebulan.
- Sedang hamil atau memiliki kondisi jantung atau penyakit serius lainnya.
- Mendapati gejala yang tidak biasa, seperti nyeri dada, sesak napas, bingung, penglihatan kabur, atau sulit berbicara.

Tanda-tanda darurat yang harus segera ditangani petugas medis :

Walaupun sering pingsan merupakan kondisi yang tidak serius, ada kalanya pingsan merupakan pertanda gangguan kesehatan lain yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Segera hubungi  112 atau bawa ke rumah sakit apabila orang yang pingsan tersebut juga mengalami hal-hal berikut:

- Bibir atau wajahnya kebiruan.
- Detak jantung tidak teratur atau lambat.
- Nyeri dada.
- Kesulitan bernapas.
- Tidak bisa dibangunkan atau disadarkan.
- Terlihat kebingungan atau linglung setelah sadar.

Sumber : Herbalnatif.com

Share:
Komentar

Berita Terkini