Ini Jurus Pelindo Dukung 20 Juta Wisatawan ke Indonesia

armen
Senin, 09 Desember 2019 - 08:47
kali dibaca



Mediaapakabar.com- Direktur  Utama Pelindo III Doso Agung mengungkapkan,  jajaran Pelindo III berkomitmen penuh mendukung terwujudnya target pemerintah dalam mendatangkan 20 juta wisatawan di tahun 2019.

Pelindo III sendiri saat ini telah memiliki enam pelabuhan yang bisa dilalui dan digunakan bersandar oleh kapal cruise, diantaranya adalah pelabuhan Tanjung Mas, Tanjung Perak, Benoa,Celukan Bawang, Lembar dan Gili Mas.

Dengan hadirnya pelabuhan berstandart kapal cruise ini diharapkan bisa mendongkrak potensi wisata wilayah di sekitar pelabuhan tersebut.

Hingga akhir november 2019 tercatat 124 unit kapal cruise bersandar di pelabuhan Pelindo III, sementara tahun 2020 Pelindo III sudah menerima 79 booking kunjungan dari sejumlah perusahaan kapal cruise yang akan membawa wisatawan asing.

“Kami terus menambah kapasitas dermaga dan fasilitas pendukung lainnya sehingga kapal cruise bisa sandar di dermaga. Sebelumnya  kapal cruise hanya berlabuh di luar pelabuhan dan penumpangnya  dipindah lagi ke kapal kecil, tapi saat ini kapal sudah bisa bersandar masuk pelabuhan dan penumpang  turun langsung dari kapal pesiar ke pelabuhan,” ungkap Doso Agung.

Sementara Direktur Kepelabuhanan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan Subagiyo, mengapresiasi kesiapan Pelindo III sebagai salah satu operator pelabuhan di Indonesia yang telah sigap menyiapkan infrastruktur pelabuhan yang memadai guna menyambut kedatangan wisatawan asing melalui jalur laut dengan menggunakan kapal cruise.
“Sektor pariwisata saat ini terus dipacu oleh pemerintah agar bisa memperoleh pendapatan negara melebihi sektor migas sehingga menjadi salah satu sektor unggulan destinasi wisata premium yang ditetapkan Presiden Joko Widodo,” imbuh Subagiyo.

Dalam raker Pelindo III  juga membahas tentang dukungan potensi eksport ikan Indonesia ke luar negeri, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kemenko Maritim.
Zulfikar Mochtar dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong Pelindo III sebagai operator pelabuhan untuk membangun sistem logistik perikanan di pelabuhan khususnya di bawah Pelindo III.

”Presiden menginginkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, lokasi indonesia sebagai jalur perdaganan laut . Jumlah ikan tuna kita terbesar dunia, potensi ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk di manfaatkan sebagai salah satu pendapatan kita”. Pungkas M. Zulfikar Mochtar.  


Sumber  : Poskotanews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini