Ini Beragam Manfaat Terselubung Dari Jambu Biji

armen
Senin, 09 Desember 2019 - 19:58
kali dibaca



Mediaapakabar.com- Sebagian besar orang pasti pernah merasakan nikmatnya jus jambu biji merah. Selain rasanya yang enak untuk dimakan, ternyata jambu biji juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, mari simak bahasan mengenai manfaat jambu biji berikut ini.
Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Jambu biji ini juga biasa disebut guava, buah ini banyak dibudidayakan dan bisa dinikmati di banyak negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain dari itu, jambu biji juga memiliki kandungan nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.
Berikut adalah ragam khasiat dari jambu biji yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Kandungan vitamin C yang tedapat di dalam jambu biji sangat berperan sebagai antioksidan, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan-kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak ahli percaya bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu berkembangnya penyakit kanker. Kandungan antioksidan tidak hanya terdapat pada jambu biji, tapi juga terdapat pada daunnya.

2. Melancarkan saluran pencernaan
Jambu biji juga bekhasiat sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini berasal dari kandungan serat yang ada pada jambu biji, sehingga mampu mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jambu biji adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk. Vitamin C ini sangat berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.
4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Jambu biji merupakan buah yang sangat baik bila kamu konsumsi jika menderita tekanan darah tinggi. Suatu penelitian telah mengungkapkan, mengonsumsi buah jambu biji mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Khasiat jambu biji ini diperoleh berkat adanya kandungan vitamin C dan serat.

5. Menyehatkan mata
Buah-buahan yang berwarna cerah seperti jambu biji merah / guava, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang ada pada tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat. Dengan kandungan vitamin A di dalamnya, Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan.

6. Mencegah diabetes
Dalam sebuah studi yang dilakukan penelitian pada seekor tikus, ditemukan bahwa buah jambu biji dapat melindungi ginjal dari penyakit diabetes. Sementara, penelitian lain menyampaikan bahwa jambu biji merah diduga secara signifikan mampu mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Walaupun demikian, penelitian-penelitian tersebut masih sebatas uji coba terhadap hewan dan belum diuji pada manusia.

7. Mencegah demam berdarah
Daun jambu biji yang direbus diyakini mampu menurunkan risiko perdarahan pada penderita penyakit DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Walaupun begitu, efek terapi ini hanyalah sebatas pengobatan herbal, dan belum banyak penelitian klinis yang dapat memastikan manfaat jambu biji ini sebagai obat demam berdarah.

Selain manfaat yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas, ada juga manfaat lain yang dapat Kamu peroleh dari jambu biji loh sahabat Herbalnatif.com. Dalam pengobatan tradisonal, jambu biji sering diolah menjadi jus untuk membantu menyembuhkan luka dalam, meringankan sakit kepala, dan meredakan diare.

Jambu biji memang memiliki banyak manfaat, namun penelitian masih sangat diperlukan untuk membuktikan berbagai klaim tersebut. Tapi, jangan sampai hal tersebut membuat Anda ragu dalam mengonsumsi jambu biji, karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Sumber : Herbalnatif.com

Share:
Komentar

Berita Terkini