|

Gugup Ketika Seminar Proposal ? Ini 6 Cara Jitu Mengatasinya

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com- Skripsi merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Untuk sampai di tahap pengerjaan skripsi biasanya kamu harus melalui seminar proposal atau sempro untuk lanjut ke proses berikutnya.

Seminar proposal merupakan tugas mahasiswa yang wajibkan untuk membuat rencana penelitian yang nantinya digunakan sebagai judul skripsi. Pada saat sempro mewajibkan mahasiswa untuk tampil presentasi. Bedanya, yang dipresentasikan adalah rencana penelitian yang biasanya masih berupa bab 1 sampai bab 3 atau tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi.
Walaupun hanya berupa rencana penelitian, seminar proposal harus diusahakan dengan maksimal dan sebaik mungkin karena itu menentukan diterima atau tidaknya judulmu nanti. Nah, penasaran apa saja yang harus kamu lakukan agar presentasi proposalmu nanti berjalan lancar? Simak ulasan dari Herbalnatif.com berikut ini!

1. Sempro itu termasuk bagian  terpenting untuk memastikanmu siap membuat skripsi. Jadi jangan nervous, yang penting sebelumnya kamu sudah melakukan segala persiapan.

2. Baca dan pahami dulu penelitian yang telah kamu lakukan, jangan sampai kamu nggak paham apa yang kamu sampaikan.

Hal terpenting adalah sampaikan topik skripsimu dan pastikan topik yang kamu angkat itu belum pernah diteliti orang lain, buat dosenmu penasaran dengan alur skripsimu dan yakinkan dosenmu bahwa topik yang ingin kamu angkat itu otentik dan layak untuk diteliti.

3. Buatlah slide-slide presentasi yang sederhana tapi efektif dengan ilustrasi gambar yang menjelaskan isinya secara visual. Jangan copas isi proposal penelitianmu ke slide Power Point

4. Kuasai keperluan penelitian serta masalah yang di ajukan sebagai bahan penelitian. Poin krusial ini nantinya yang bakal diulas paling banyak

5. Kamu nggak bisa jawab pertanyaan dari dosen itu hal wajar, dosenmu pasti akan memberikan masukan. Tapi jangan meremehkan masukan dosenmu. Sebaiknya kamu menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin ditanyakan dosenmu

6.Jika dosen menemukan kekurangan pada isi proposalmu, Berusahalah untuk selalu bersikap jujur dan sampaikan dengan apa adanya.

Sumber : Herbalnatif.com

Komentar

Berita Terkini