Gelar tari ular oleh waria, Kemenag Kota Padangsidimpuan Akhirnya minta maaf

armen
Minggu, 22 Desember 2019 - 09:50
kali dibaca


Petikan video tarian ular yang dilakukan waria di Kota Padangsidimpuan pada kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenang Kota Padangsidimpuan. (ANTARA/HO)

Mediaapakabar.com-Kepala Kantor Kementerian Agama Kota padangsidimpuan, Saripuddin Siregar, akhirnya meminta maaf terkait sorotan tajam masyarakat terhadap atraksi tari ular yang dibawakan dua orang waria yang videonya viral di media sosial.

"Atas nama pribadi dan institusi saya meminta maaf, karena telah mengabaikan norma kesopanan dan kearifan yang kita junjung selama ini di Tabagsel, khususnya di Kota Padangsidimpuan," ujarnya di Parangsidimpuan, Sabtu (21/12).

Saripuddin mengaku pada Jumat (20/12) Forum Aliansi Umat Islam Tabagsel, Forum Seniman, Dewan Kesenian Daerah, dan sejumlah elemen masyarakat lainnya mendatangi dirinya untuk mengonfirmasi seputar video tari ular di acara Gebyar Prima, sebuah ajang unjuk prestasi siswa madrasah yang digelar usai pelaksanaan ujian serentak sekaligus dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) tahun 2019.Saripuddin Siregar mengatakan, pada pertemuan itu dia sudah menjelaskan bahwa Gebyar Prima digelar di lingkungan Siparau, Kelurahan Batunadua, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, bukan di dalam pondok pesantren.

Agenda Gebyar Prima sendiri adalah penampilan tari kreasi islami, komedi pembelajaran, vokal solo religi, kreativitas media pembelajaran, cerita tentang tokoh-tokoh Islam, rancang busana dan fashion show yang semuanya dikemas bernuansa islami

Adapun terkait tari ular itu sendiri, menurut dia, sama sekali tidak pernah terjadwal di rangkaian acara Gebyar Prima. Artinya, tidak direncanakan tetapi muncul di tengah jalan. Tujuannya semata-mata untuk meramaikan acara.

Tetapi karena kelalaian panitia yang tidak mendetail mengkaji unsur-unsur negatif yang dapat ditimbulkannya, akhirnya tari ular yang diatraksikan oleh dua orang waria itu terlanjur dipertontonkan.

"Sebagai pimpinan saya bertanggung jawab atas kelalaian ini. Kami berjanji, ke depan lebih teliti, selektif, dan berhati-hati agar kesalahan yang seperti ini tidak terulang lagi," tegasnya. Terkait kritikan yang dilontarkan berbagai elemen masyarakat, Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan ini mengucapkan ribuan terimakasih. Karena ini menandakan bahwa institusi yang dipimpinnya benar-benar diawasi dan disayangi umat.

"Dimohonkannya juga agar perhatian dan kasih sayang dari segenap elemen masyarakat ini tetap dipertahankan, sehingga lembaga yang khusus mengurusi umat beragama ini tetap berada di jalur dan koridor yang benar," katanya.

Pada kesempatan itu ia berulang kali menyampaikan permohonan maaf kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), para tokoh agama, adat, seniman dan budayawan, serta kepada seluruh elemen masyarakat.

"Tolong bantu dan ingatkan kami. Apabila ada tindakan atau perlakuan yang salah, jangan biarkan kami. Sebagai pelayan umat beragama, kami juga manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa," ujarnya.


Sumber : Antaranews.com
 
Share:
Komentar

Berita Terkini