Finlandia Punya Perdana Menteri Baru Cantik dan Termuda di Dunia

armen
Selasa, 10 Desember 2019 - 09:25
kali dibaca



Mediaapakabar.com-Partai Demokrat Sosial Finlandia (SDP), yang memimpin pemerintahan koalisi lima partai, menunjuk menteri transportasi berusia 34 tahun Sanna Marin sebagai perdana menteri negara tersebut pascapengunduran diri PM Antti Rinne. Marin menjadi perdana menteri termuda di dunia.

Rinne awal pekan ini mundur dari jabatannya setelah anggota koalisi Partai Pusat mengaku pihaknya telah kehilangan kepercayaan padanya menyusul penanganan aksi mogok massa.

“Ke depannya kami memiliki banyak pekerjaan untuk kembali membangun kepercayaan,” kata Marin kepada awak media setelah menang tipis dalam pemilihan. Sementara itu Antti Lindtman, ketua kelompok parlemen, berada di urutan kedua. “Kami mempunyai program pemerintah bersama yang merekatkan koalisi,” kata Marin.

Koalisi, yang baru dilantik enam bulan lalu, sepakat melanjutkan programnya setelah Rinne mengumumkan bahwa dirinya mundur atas permintaan Partai Pusat.
Waktu perubahan kepemimpinan janggal bagi Finlandia, pemegang rotasi kepresidenan Uni Eropa hingga akhir tahun, yang menjadi aktor utama dalam upaya menuntaskan anggaran baru untuk blok tersebut.

Marin pun mengaku ia dipilih berdasarkan kemampuannya yang dinilai mumpuni untuk memimpin negara. “Saya tak pernah berpikir tentang usia atau gender saya. Saya memikirkan alasan-alasan mengapa saya masuk ke dunia politik dan itu menjadi alasan kami memenangkan kepercayaan elektorat,” ujarnya, seperti dilansir dari The Guardian.

Karir Marin di dunia politik melesat setelah menjadi Ketua Dewan Kota di daerah asalnya, Tempere, saat masih berumur 27 tahun. Sejak 2015, ia menduduki posisi sebagai anggota parlemen hingga setahun kemudian dipercaya membawahi Kementerian Transportasi.

“Kami punya banyak pekerjaan rumah untuk kembali membangun rasa percaya,” kata Marin yang juga menjadi perempuan Finlandia ketiga yang memimpin pemerintahan. Partai Marin sendiri merupakan yang terbesar dalam koalisi.(Jejaktapak.com)

Share:
Komentar

Berita Terkini