|

Danrem 032/ Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker RI 2 Di Wilayah Sumbar

Kali Dibaca


Mediaapakabar.com-Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P selaku Dansatgas Pam VVIP Wilayah memimpin apel gelar pasukan gabungan TNI POLRI dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin di wilayah Sumbar yang dilaksanakan dilapangan Mako Yonif 133/YS Jalan Prof DR. Hamka  Air Tawar Padang, Jum'at 6 Desember 2019.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS.Fadhilah selaku Pangkoops Pam VVIP dalam amanatnya yang dibacakan oleh pimpinan apel Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan pentingnya apel gelar pasukan ini dilaksanakan.

“Pengamanan VVIP ini bertujuan untuk menjamin keamanan,keselamatan dan kenyamanan pribadi Wakil Presiden dan menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh Wakil Presiden. Ancaman terhadap VVIP bukan hanya ancaman terhadap keselamatan dan keamanan pribadi VVIP saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah”, jelas Pangdam.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI bekerja sama dengan institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi  pengamanan VVIP secara terpadu.

Pangdam I/BB berharap pada pelaksanaan pengamanan VVIP ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerjasama yang terencana, terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada prosedur pengamanan VVIP, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses.

Selanjutnya Pangdam juga menekankan agar pengamanan VVIP ini harus berhasil dan jangan dianggap sebagai rutinitas, sehingga mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Oleh sebab itu, peran Dansatgas dan seluruh personel Satgaspam VVIP sangatlah dominan, tidak saja dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, tetapi juga harus mampu dalam menghadapi dan mengelola serta menyelesaikan berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.


Pada kesempatan yang sama, Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku  Dansatgas Pam VVIP juga memberikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Pam VVIP.

“Pelaksanaan Pam VVIP ini tidak lama, tetapi jika ada situasi yang perlu sedikit kita atensi maka perlu adanya koordinasi yang benar benar matang sampai dengan tingkat bawah. Tidak perlu ada ego sektoral, kita harus kompak , kita harus bisa tunjukkan kesamaan kekuatan. Bergabung karena kita bisa bukan karena masing masing kita bisa. Kita berdoa semoga apa yang sudah kita rencanakan, kita latihkan tidak terjadi suatu hal apapun yang tidak kita inginkan dan kita saling mengingatkan satu sama lain”, kata Danrem.

Hadir dalam apel gelar Pasukan Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., Wakapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Damisnur AM, SH MM, Dandim 0312/Padang  Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar, Kolonel Cahaya Indra  mewakili Danlantamal II Padang, Letkol Lek Asmadjijanto mewakili Danlanud Sutan Sjahrir, Muklis SH, MH., Kasi Ipolkam mewakili Kajati Sumatera Barat, para Kabalakrem 032 serta Dandim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto.(Ril/dn)

Komentar

Berita Terkini