Bupati Taput Pimpin Appel Pagi dan Diskusi Penanganan Sampah dan Selokan di Dinas Lingkungan Hidup

Media Apakabar.com
Selasa, 17 Desember 2019 - 12:43
kali dibaca
Bupati Taput Nikson Nababan saat memimpin apel pagi di Dinas Lingkungan Hidup
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare memimpin appel pagi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Utara dilanjutkan dengan diskusi dan coffee morning yang hangat mengenai penanganan sampah dan kebersihan selokan, terutama di lingkungan  seputaran kota dan Rumah Sakit Tarutung, bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Tarutung (Selasa, 17/1019).

Dalam diskusi tersebut, Bupati minta pendapat seluruh staf dalam penganan sampah sehingga seluruh wilayah Kota Tarutung bisa teratasi dengan baik. '"Rasa memiliki dalam melaksanakan tugas itu sangat penting sehingga tidak ada beban dalam membersihkan lingkungan kita ini. Rasakan bagaimana kita membersihkan rumah sendiri, ada sukacita apabila rumah dan lingkungan kita sudah bersih," ujar Bupati dalam diskusi tersebut.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa petugas kebersihan itu tidak ada libur, tapi diatur shift bekerja, terutama dalam perayaan Natal saat ini volume sampah pasti meningkat, perantau banyak pulang kampung. "Mari kita ciptakan kota ini senyaman mungkin.

Kita tetap berusaha walaupun kadang belum bisa memuaskan seluruh masyarakat. Kita tetap mengasah inovasi apa yang menjadi nilai lebih Tapanuli Utara untuk dikunjungi. Makanya saya sangat getol untuk mewujudkan Universitas Negeri di Tapanuli Utara," lanjut Bupati.

"Untuk itulah, saya selalu mencari dan mencari apa yang akan kita jual dari keberadaan Tapanuli Utara. Kegigihan orangtua dalam menyekolahkan anak sampai level sarjana menjadi aset yang saya lirik untuk mengembangkan perekonomian Tapanuli Utara. Saya melihat berdirinya sebuah Universitas Negeri adalah sebuah solusi.

Keberadaan universitas ini, selain mengurangi pergerakan anak usia kuliah keluar daerah, juga mendatangkan pihak luar untuk sekolah sekaligus memicu berkembangnya kebutuhan wisata dan pelayanan jasapun akan berkembang. Secara otomatis perekonomian masyarakat Tapanuli Utara akan berkembang secara signifikan karena uang yang setiap bulan keluar untuk kuliah anak di luar kota akan tetap berada di Tapanuli Utara, di tambah pergerakan uang dari anak kuliah luar daerah yang masuk ke Tapanuli Utara.

Kemudian, dengan kebutuhan pendatang akan keberadaan Tapanuli Utara yang secara otomatis mengembangkan pelayanan wisata seperti transport, restoran, hotel dan penginapan dan pelayanan jasa lainnya. Semua sektor akan hidup, perekonomian berkembang," ujar Bupati menambahkan.

Selanjutnya Bupati menambahkan bahwa ini tugas kita semua. "Saya tidak bisa mewujudkan ini sendiri. Saudara-saudara juga memegang peranan penting di sini. Tanpa lingkungan  yang bersih, tanpa kepedulian dan kecintaan kita ke Tapanuli Utara, jangan harap orang luar akan melirik dan mengunjungi daerah kita," tegas Bupati diakhir diskusi.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini