|

Bupati Asahan Minta Etnis Minang Lestarikan Seni Budaya

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Masyarakat Minang Asahan secara beramai-ramai kunjungi lapangan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke 4 tahun 2019, dilapangan Graha depan terminal Madya Kisaran,Rabu malam (5/12) guna menyaksikan pentas seni budaya etnis Minang.

"Mari Kita lestarikan seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat Minang.Jangan sampai luluh dan hilang karena majunya perkembangan jaman"ujar Sapnil.

Pada malam pagelaran seni budaya itu,Ketua BM3 (Badan Musyawarah Masyarakat Minangkabau) Kabupaten Asahan, Sapnil mengajak masyarakat Minang untuk dapat mendukung segala program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Sebagai masyarakat Minang yang ada di Kabupaten Asahan, mari kita dukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan, untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan visi-misi yaitu mewujudkan masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri"ajak Sapnil.

Kemudian Ketua BM3 Provinsi Sumatera Utara  Saharuddin Ali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah mengikut sertakan etnis Minang pada Pagelaran Seni Budaya Daerah Asahan ke 4 tahun 2019.

"Melalui acara PSBD ini, jadikanlah  keberagaman sebagai alat pemersatu, walaupun kita terpisah dan berbeda tetapi tetap satu juga dibawah Bhineka Tunggal Ika".

Selain itu, Saharuddin menjelaskan bahwa keberadaan etnis Minang yang ada di Kabupaten Asahan  sebenarnya adalah masyarakat Asahan yang  berasal dari ranah Minang.

Maka sebagai masyarakat Asahan, kita harus patuh kepada pembina atau pimpinan kita yaitu  Bupati  Asahan dan seluruh unsur pimpinan daerah lainnya,ucap Saharuddin mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Bupati Asahan H.Surya Bsc yang diwakili Kepala Dinas  Pendidikan Kabupaten Asahan Sopyan Marpaung menyampaikan titip salam bapak Bupati Asahan yang tidak dapat hadir karena bertugas di Jakarta.

"Semoga dengan adanya  Pagelaran Seni Budaya Daerah Asahan ke 4 ini, dapat meningkatkan rasa persatuan  dan kesatuan sesama etnis, sesuai wawasan kebangsaan kita  yaitu Bhineka Tunggal Ika"ujar Sopyan.

Bahwa tujuan dari PSBD Asahan adalah untuk memberikan edukasi bahwa keberagaman dan perbedaan adalah  sumber kekuatan.

"Untuk itu,dengan adanya pagelaran seni budaya Etnis Minang, kiranya masyarakat Minang dapat menjadikannya ini sebagai ibadah dan bisa melestarikan budaya Minang yang ada di Kabupaten Asahan secara turun temurun"ucap Sopyan.

Ketua panitia PSBD Asahan ke 4 Rianto SH MAP, selalu menyampaikan mari kita jadikan ajang pagelaran seni budaya untuk mempersatukan  keberagaman  antar etnis yang ada di Kabupaten Asahan.

Selain itu dirinya selalu mengajak semua etnis agar dapat menumbuh kembangkan dan melestarikan seni dan budaya dimasa yang akan datang untuk diwariskan pada para generasi muda.

Pada pagelaran seni budaya etnis Minang menampilkan kesenian berupa tari piriang,tari Indang, nyanyian Bundau Kandung  dan acara pagelaran seni budaya etnis Minang ditutup dengan pembagian  kuis berhadiah.(Depram)
Komentar

Berita Terkini