|

Bupati Apresiasi Pentingnya Peran Pers Dalam Mewujudkan Berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli

Kali Dibaca
Bupati Taput Nikson Nababan,saat memberi pengarahan pada acara temu pers di aula kantor Bupati Tarutung. (Dok)
Mediaapakabar.com-Bupati Taput Nikson Nababan,sangat mengapresiasi dan bangga peran pers sebagai salah satu pelopor untuk membantu pengembangan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara.

" Peran serta pers sungguh luar biasa  sebagai mitra dalam membantu terobosan pembangunan melalui tulisan. Salah satu pembangunan universitas negeri di Tapanuli," ucap bupati dalam arahannya saat temu pers, Rabu (5/12).

Saya akui, masih banyak yang kurang, masih banyak yang harus dibenahi untuk mewujudkan itu.

Pada prinsipnya jelas Nikson, kita butuh kerjasama  dengan seluruh stakeholder, elemen masyarakat, lintas agama dan lintas suku untuk saling bahu membahu dalam mewujudkan visi-misi Taput kedepan.

Ada kepuasaan tersendiri bagi saya kalau teman pers ikut berperan dalam melanjutkan pembangunan diperiode kedua saya ini bersama Sarlandy Hutabarat.

Apa yang dibutuhkan masyarakat Taput sudah saya tuangkan dalam visi- misi saya.
Prioritas pembangunan itu ada di sektor pendidikan, pertanian, parawisata, infrastruktur dan kesehatan.

Sektor pendidikan saya anggap menjadi bidikan paling utama dalam mengembangkan pembangunan di Tapanuli melalui berdirinya universitas negeri.

" Dalam filosofi orang Batak,  anakkon hi do hamoraon di au menjadi satua acuan buat saya. Semiskin-miskinnya orang Batak, pasti mampu menyekolahkan satu orang anaknya hingga ke perguruan tinggi," tegasnya.

Berarti setiap tahunnya uang dari Tapanuli akan keluar hingga mencapai miliaran rupiah per bulannya. Kalau per tahun, bisa mencapai hingga triliunan rupiah.

Kita sangat mengharapkan itu, uang sebesar itu bisa berputar di daerah kita ini. Jangan kita hanya mengekspor uang saja.

" Semakin banyak ekonomi beredar di satu daerah, maka pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat," kata Nikson.

Efek dominonya akan berdampak pada pergerakan ekonomi mikro di daerah. Seperti munculnya kawasan permukiman, jasa transportasi serta pertumbuhan kawasan parawisata.

Dengan memiliki universitas negeri di Tapanuli, bukan hanya putra/putri daerah yang akan menuntut ilmu, tetapi juga warga dari luar Tapanuli akan datang.

" Parawisata jelas akan berkembang, pengunjung domestic melalui Bandara Internasional Silangit akan semakin meningkat," rinci bupati.

Kepada media ini, bupati mengharapkan adanya kerjasama dengan pers melalui tulisan untuk pembangunan universitas negeri.

" Kita hanya inginkan peningkatan status IAKN menjadi universitas negeri," katanya, Jumat (7/12) di kantornya.

Keinginan itu kita buktikan saat Pemkab Taput melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam rangka menggali informasi tentang transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi menjadi universitas negeri Islam (UNI) Suska Riau.

" Marilah kita saling bahu membahu untuk mendukung berdirinya universitas negeri itu, agar Tapanuli, khusunya Taput bisa lebih maju. Peran pers sangatlah penting untuk mewujudkan itu," cetus bupati. (Win)
Komentar

Berita Terkini