|
Follow Us :

Begini lho Kata Dokter Soal Terompet Tahun Baru Tularkan Beragam Penyakit

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Isu bahaya penggunaan terompet menjelang tahun baru mulai beredar kembali. Terompet dikabarkan dapat menyebabkan penularan beragam penyakit, bahkan kanker. Hal ini tentunya meresahkan masyarakat awam. Namun, apakah terompet benar-benar bisa menularkan beragam penyakit berbahaya?

Penyakit yang sempat diisukan bisa menular melalui terompet tahun baru ini diantaranya penyakit kanker mulut, kanker lidah, kanker darah, hepatitis, HIV, TBC, dan penyakit-penyakit menular lainnya. Menanggapi hal ini dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-KL(K), dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menegaskan penggunaan terompet tahun baru tidak bisa menularkan penyakit kanker."Ini kadang-kadang narasinya terlalu berlebihan ya. Mana bisa kanker disebar melalui terompet," tegasnya saat dihubungi detik.com, Senin (30/12/2019).

Meskipun kanker tidak bisa ditularkan melalui penggunaan terompet tahun baru, dr Fikry menjelaskan penggunaan terompet tahun baru secara bergantian memang memiliki risiko menularkan hepatitis C.

Menurutnya Hepatitis C bisa tertular karena adanya infeksi yang ditularkan melalui air liur pada terompet tersebut. Tak hanya itu, penyakit menular lain yang bisa berisiko melalui air liur yaitu, cacar air, dan flu.

"Kalau beberapa penyakit menular bisa karena kan ada infeksi tadi misalnya seperti radang tenggorokan, kalau dia sedang radang dan air liurnya ada di terompet, itu kan bisa menularkan, infeksi berat seperti hepatitis C itu juga bisa," pungkasnya.


Sumber : Detik.com

Komentar

Berita Terkini