|
Follow Us :

Baznas Provsu dan Langkat Serahkan Bantuan,"Bupati Siap Mendukung Oprasional Baznas Langkat"

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA mengapresiasi dan siap mendukung oprasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Langkat, agar maksimal dalam menyalurkan zakat ke masyarakat.

Disampaikan Asisten II Ekbangsos H. Hermansyah, saat menghadiri acara sosialisasi, edukasi dan pendistribusian zakat,  infaq dan sedekah tahun 2019,di Aula Kantor Kemenag Langkat, Stabat, Senin (23/12/2019). 

Untuk zona 1 yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, yang dilaksanakan Baznas Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Langkat.

Dukungan itu diberikan, kata Asisten II, karena selama ini Baznas dinilai benar-benar nyata dalam membantu kebutuhan masyarakat. Hal ini, sangat membantu Pemkab Langkat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Langkat.

Asisten II sangat berharap, kedepan Baznas terus meningkatkan perannya, dalam bidang dakwah yakni penguatan keimanan dan ekonomi melalui berbagai penyaluran bantuan yang dikelola dari zakat.

"Kepada Baznas Provsu dan Langkat, kami ucapkan terima kasih, atas bantuan yang disalurkan," ungkapnya.

Sembari berharap, bagi penerima bantuan, kedepan jika telah memperoleh limpahan rezeki agar kembali membantu bagi mereka yang membutuhkan. Karena Asisten II meyakini, jika hal ini diterapkan 'konsep saling tolong menolong' dapat memajukan bangsa ini dan mengangkat derajat menjadi lebih bermartabat.

Sementara, Ketua Baznas Provsu  H. Amansyah Nasution, menjelaskan, dalam tahun 2019 ini Baznas Provsu telah menyalurkan bantuan ke seluruh wilayah Sumut sebesar Rp. 5,55 Miliyar.

Bantuan tersebut, dibagi menjadi 5 bidang, yakni advokasi dakwah Sumut, disalurkan untuk pembangunan masjid Sumut Peduli, bantuan untuk kemanusiaan dan bencana alam. Sumut Cerdas, bantuan bidang pendidikan yaitu penyaluran beasiswa.

Sumut Sehat, bantuan kesehatan seperti pengobatan. Sumut Makmur, bantuan ekonomi produktif yakni bantuan pinjaman modal untuk pertanian, perikanan dan lainnya tanpa bunga, serta membebaskan para petani, UKM dan lainnya dari rentenir sehingga bisa berzakat.

"Pelepasan jeratan rentenir, syaratnya hanya berjanji untuk menjaga sholat lima waktu dimasjid, "ungkapnya.

Sembari menghimbau, agar BKM masjid diseluruh Sumut, selalu menghimpun zakat dan menyalurkannya, tidak hanya waktu lebaran saja (zakat fitrah), agar ekonomi kemasyarakatan segera bangkit. 

Sedangkan, Ketua Baznas Langkat Abdul Rahman, menyampaikan, bantuan yang disalurkan Baznas Provsu yakni beasiswa penulis skripsi S1, uang sekolah untuk SMA sederajat, untuk 25 orang anak yatim, serta untuk pembangunan mushola dan masjid di Langkat dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa STJM, korban angin puting beliung.
"Serta bantuan Langkat peduli kepada tukang becak," jelasnya.

Abdul Rahman juga menyampaikan, kedepan Baznas Provsu dan Langkat akan melakukannya MoU ditahun 2020, untuk pengelolaan lahan sawit seluas 85 Ha yang berada di Sei Bingai, yang hasilnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat Langkat. 

Turut hadir perwakilan Kakan Kemenag Langkat, para penerima bantuan dan undangan lainnya. (rel/dn)
Komentar

Berita Terkini