|

Banyak Jalan Hancur dan Berlubang, Komisi D Soroti Kinerja Dinas PU Medan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Setiap tahun anggaran, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan telah difasilitasi dengan anggaran miliaran rupiah pada penetapan anggaran  di DPRD Medan. Maksud dari para legislatif yang bertugas di rumah rakyat itu adalah agar dinas yang punya banyak persoalan itu, dapat bekerja maksimal dan profesional.

Hal itu ditegaskan anggota komisi D DPRD Medan Dame Dumasari Hutagalung  dari Fraksi Gerindra  pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PU Selasa 3 Desember 2019 diruang komisi D DPRD Medan.

"Namun, dengan anggaran uang negara yang sedemikian besar itu, Dinas PU tetap masih belum mampu menunjukkan kinerja yang profesional. Sehingga sampai saat ini masih banyak jalan di kota Medan yang berantakan, hancur berlubang-lubang," ujar Dame.

Menurutnya, Dinas PU harus menggunakan anggaran yang disediakan Pemko Medan dengan profesional dan bermanfaat bagi masyarakat, dengan tidak membiarkan anggaran miliaran itu, tidur. 


"Anggaran itu, uang negara milik rakyat jangan sia-siakan uang negara. Jangan membangun atau membeton jalan sembarangan sebelum mengkaji dampak yang akan timbul akibat pembetonan jalan tersebut. Karena akhirnya masyarakat justru malah dirugikan. Jadi diharapkan kinerja Dinas PU dari tahun ke tahun bisa lebih profesional sehingga masyarakat dapat menikmati hasil kerja yang baik, bukan malah meresahkan," kata Dame.

Sementara itu, anggota komisi D yang turut hadir dalam RDP itu Antonius Develis Tumanggor menekankan, Dinas PU agar juga memperhatikan drainase (parit jalan) ketika membangun suatu jalan. 

"Ketika membangun jalan, Dinas PU juga mesti memperhatikan kepentingan drainase. Keduanya dibangun harus seiring sejalan sehingga hasil pembangunan dapat bermanfaat bagi masyarakat, bukan malah menimbulkan masalah. Misalnya hanya jalannya saja yang diperbaiki dengan membiarkan drainase yang amburadul, sehingga musim hujan timbul banjir yang berkepanjangan," ungkap Antonius.(Sugandhi Siagian)

Komentar

Berita Terkini