|
Follow Us :

Alamak! CH Oknum Guru yang Cabuli 18 Siswa Laki-laki Ternyata Ijazahnya Palsu

Kali Dibaca


Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menunjukkan tersangka pencabulan. Foto/Humas Polres Malang

Mediaapakabar.com-Alamak, oknum guru berinisial CH, tersangka pencabulan terhadap 18 siswa sebuah SMP Negeri di Kepanjen, Kabupaten Malang,ternyata saat melamar menjadi guru menggunakan ijazah palsu.

Hal ini terkuak setelah polisi menangkap dan melakukan penyelidikan terhadap tersangka pencabulan tersebut.

Selama ini tersangka merupakan guru honorer yang mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), serta Bimbingan Konseling (BK) di sebuah SMP Negeri tersebut, sejak tahun 2015.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan, pada tahun 2015 tersangka melamar sebagai guru honorer dengan bermodalkan foto kopi ijazah sarjana strata satu (S-1) yang diterbitkan oleh Universitas Kanjuruhan Malang.

"Setelah kami selidiki dan dilakukan pengecekan terhadap ijazah tersebut, diduga ijazahnya palsu. Tersangka memalsukan ijazah dengan cara menggunakan foto kopi ijazah seorang temannya, kemudian nama serta foto diganti dengan nama dan foto tersangka dengan cara ditempel selanjutnya di foto kopi," terang Yade.

Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menambahkan, selain menangkap tersangka, juga disita sejumlah barang bukti, yakni satu lembar Surat Keputusan (SK) kepala sekolah tentang pengangkatan sebagai guru honorer; dan satu stel seragam sekolah milik salah seorang korban.

"Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 82 ayat 1 dan 2, junto pasal 76E UU No. 35/2014 tentang perubahan atas UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumannya penjara maksimal 15 tahun, dan denda maksimal Rp5 miliar," pungkasnya.

Sumber : Sindonews.com
Komentar

Berita Terkini