Ada 49 Warga Desa Lubuk Palas Dilarikan Ke Rumah Sakit Keracunan Makanan

Media Apakabar.com
Sabtu, 07 Desember 2019 - 15:53
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Usai makan sajian acara syukuran  ditempat salah seorang warga, sebanyak  49 orang warga Desa Lubuk Palas dusun IV dan V Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan,  dilarikan ke rumah sakit  Haji Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran dan Puskesmas Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman.

Para warga yang dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas tersebut diduga keracunan akibat usai menyatap makanan.

Hingga Sabtu malam (07/12/2019) sampai Minggu dinihari,  tercatat ada 27 orang yang menjalani rawat  inap di dua  lokasi, yaitu di RS HAMS dan  selebihnya  berada di Puskesmas Rawat Inap Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman. Sementara korban lainnya masih terus didata guna mendapatkan pertolongan evakuasi serta perawatan secara intensif.

Penjelasan tersebut dikatakan Camat Silau Laut Berani Simbolon. Dirinya menjelaskan bahwa pada Jumat (06/12/2019) warga diundang syukuran di rumah salah seorang warga.

Usai menyantap makanan, malam harinya warga mulai mengalami pusing dan sakit perut. Namun hal tersebut dianggap warga masih sakit biasa,baru pada Sabtu malam pihak kecamatan mendapat laporan adanya warga yang keracunan diduga akibat makanan.
Guna menindaklanjuti laporan warga teraebut Kami langsung turun kelapangan dan mengambil tindakan pertolongan pertama bersama  Kepala Puskesmas serta unsur Forkopimcam lainnya,jelas Berani.

Begitu mendapatkan laporan dari Camat Silau Laut adanya warga yang keracunan, Bupati Asahan H Surya Bsc menginstruksikan asisten II Ekonomi Pembangunan Drs. Jhon Hardi Nasution dan para OPD lainnya untuk segera meninjau langsung korban keracunan.

Bersama Kaban Kesbang, Kadis PPKBP3A, Kasat Pol PP, Jhon Hardi segera mendatangi para korban  guna melihat langsung keadaan kondisi yang terjadi pada korban.

Untuk mengatasi situasi Jhon Hardi seketika  melakukan koordinasi dengan Camat Silau Laut dan unsur Forkopimcam, Kepala Puskesmas Binjai Serbangan dan Kepala RSUD HAMS agar segera dapat melakukan tindakan medis kepada para korban.

"Segera lakukan penanganan dan pertolongan medis secara maksimal. Dan segera evakuasi warga yang terdampak keracunan makanan ke Rumah Sakit HAMS Kisaran maupun Puskesmas terdekat yang ada di Kecamatan Air Joman" ujar Jhon kepada Camat Silau Laut dan unsur Forkopimcam lainnya.

Usai meninjau korban di RS Hama Kisaran,Jhon Hardi langsung meninjau korban yang ada di Puskesmas Binjai Serbangan guna memastikan para korban mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Saya minta berikan pelayanan pengobatan yang terbaik bagi warga kita yang di mengalami keracunan. Berikanlah tindakan  cepat kepada warga" ini sesuai apa yang diperintahkan bapak Bupati kepada Kita semua ujar Jhon Hardi..(Depram)

Share:
Komentar

Berita Terkini