|
Follow Us :

Waduh! Inggris Tak Tahu Harus Bagaimana Membuang 20 Kapal Selam Bekas Mereka

Kali Dibaca
Kapal selam nuklir bekas Inggris di galangan kapal angkatan laut Rosyth / The National
Mediaapakabar.com- Ketika Anda ingin membuang mobil tua, Anda bisa membawanya ke tempat barang rongsokan. Tetapi apa yang Anda akan lakukan dengan kapal selam nuklir yang reaktornya dapat membuat orang bersinar dengan cara yang paling tidak menyenangkan?

Inggris telah mempensiun 20 kapal selam nuklir sejak 1980 dan sejak saat itu tidak ada satupun yang dibuang atau dihancurkan. Di antara jumlah itu, sembilan masih mengandung bahan bakar radioaktif di reaktor mereka.

Kapal selam ini menghabiskan rata-rata 26 tahun untuk layanan aktif  dan 19 tahun tidak bekerja. “Karena hal ini, Departemen [Kementerian Pertahanan] sekarang menyimpan kapal selam dua kali lebih banyak daripada yang beroperasi, dengan tujuh dari mereka telah berada dalam penyimpanan lebih lama daripada mereka dalam pelayanan,” kata kantor audit pemerintah atau National Audit Office (NAO) sebagaimana dikutip Asia Times Senin 25 November 2019.

Lebih buruk lagi adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menjaga kapal yang tidak lagi terpakai tersebut. Inggris telah menghabiskan 500 juta poundsterling atau sekitar Rp9 triliun untuk mempertahankan kapal selam yang dinonaktifkan itu antara 1980 dan 2017.

Pembuangan penuh satu kapal selam nuklir akan menelan biaya 96 juta poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun . Akibatnya, total biaya untuk membuang 10 kapal selam aktif Angkatan Laut Inggris dan 20 kapal pensiunan akan menjadi 7,5 miliar poundsterling atau Rp137 triliun.

Membongkar dan membuang kapal selam nuklir adalah proses yang kompleks,. Bahan bakar nuklir harus dipindahkan dengan hati-hati dari reaktor menggunakan fasilitas khusus.

Sumber : Jejaktapak


Komentar

Berita Terkini