Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Nomor Punggung Jokowi Berbeda

Media Apakabar.com
Senin, 04 November 2019 - 09:10
kali dibaca
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) mendapat jersey nomor 21 pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Thailand, Sabtu, 2 November 2019. ( Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden )
Mediaapakabar.com-Ada yang unik pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang dilaksanakan di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Sebanyak 10 pemimpin negara ASEAN berpose dengan mengangkat jersey biru dilengkapi nomor punggung dan nama masing-masing.

Tujuh pemimpin ASEAN mendapat jersey bernomor punggung 9, sementara dua lainnya mengangkat jersey bernomor punggung 10.Namun, nomor punggung yang berbeda terlihat di jersey yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo.

Perbedaan nomor punggung tersebut sempat menjadi tanda tanya di antara para pemimpin negara ASEAN yang berada di atas panggung.

Melalui keterangan tertulis dari Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, yang diterima redaksi, Minggu (3/11/2019), disebutkan salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa nomor punggung 9 diberikan kepada para kepala pemerintahan dan nomor punggung 10 untuk kepala negara.

Khusus untuk Presiden Joko Widodo diberikan nomor punggung 21, karena Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia di bawah usia 20 pada 2021 mendatang.

Dilansir BeritaSatu.com, Nota kesepahaman antara ASEAN dan FIFA ditandatangani Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan para pemimpin negara-negara ASEAN.

ASEAN dan FIFA, antara lain sepakat mengembangkan dan meningkatkan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat.Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kerja sama antara ASEAN dan FIFA meliputi empat hal,yakni promotion of sport integrity,sport for development, FIFA football for school programme, dan professional capacity building.

(ar)

Share:
Komentar

Berita Terkini