Tingkatkan Kualitas APBD, Sri Mulyani Akan Gandeng Kemendagri

Media Apakabar.com
Jumat, 01 November 2019 - 20:42
kali dibaca
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ,(int)
Mediaapakabar.com-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk meningkat kualitas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu dikatakan Sri Mulyani saat ditanyakan mengenai kejanggalan anggaran dalam system e-Budgeting Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kini tengah menjadi sorotan dimana dalam sistem itu muncul anggaran 'aneh' dari lem aibon hingga ballpoint.

"Kita nanti akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri di dalam meningkatkan kualitas dari APBD tentunya," katanya di Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (1/11/2019) dilansir detik.com.

"Dan berbagai hal nanti akan kita koordinasikan bersama," tambahnya.

"Ini problem muncul tiap tahun. Maka yang kita koreksi adalah sistem nya. Sistem masih manual pengecekan manual maka ada puluhan ribu item. Saya kerjakan satu-satu kemarin. Tapi saya tidak berpanggung," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Anies menyebut saat ini sistem yang digunakan Pemprov DKI sudah digital tapi tidak smart alias pengecekan masih dilakukan secara manual. Akibatnya, tetap ada pegawai yang teledor setiap tahunnya.

"Terlalu detail di level itu ada beberapa yang mengerjakan dengan teledor. Toh diverifikasi dan dibahas. Cara-cara seperti ini berlangsung setiap tahun. Setiap tahun muncul angka aneh-aneh. Kalau sistem smart, maka dia akan melakukan verifikasi," ucap Anies.

Dia menambahkan, berbagai hal akan dikoordinasikan untuk menunjang hal tersebut.
Masalah penganggaran ini tengah menjadi polemik. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai masalah penganggaran sudah terjadi selama bertahun-tahun dan pangkalnya adalah di sistem. Dia merasa mendapat 'warisan'.

(ar)

Share:
Komentar

Berita Terkini