|

Tarian Jaran Gedruk Etnis Jawa Tampil di PSBD, Buat Kagum Ribuan Masyarakat Asahan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Tarian Jaran Gedruk milik etnis jawa yang ditampilkan dalam acara kegiatan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke 4, mampu memukau dan membuat takjub ribuan pengunjung yang memadati lapangan Graha depan Terminal Madya Kisaran.

“Saya mengajak semua masyarakat,terutama kaum muda generasi penerus,untuk dapat lebih kreatif dan inovatif khususnya dalam melestarikan kesenian budaya daerah agar tetap tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat kita’ujar Ketua DPD Pujakesuma Rianto .pada acara malam pentas seni budaya etnis jawa,Minggu (24/11/2019).

Rianto menuturkan dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Asahan,khususnya wong jowo yang telah hadir menyaksikan dan melihat berbagai kesenian dan budaya tradisional warisan leluhur kita.

“Mari kita jadikan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) menjadi ajang perekat dan alat pemersatu sesama orang jawa dan antar sesama etnis yang ada di Kabupaten Asahan” ajaknya.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya yang hadir dalam kegiatan pentas seni budaya etnis jawa mengatakan ‘Mari Kita jaga kerukunan antar sesama etnis dan kita jadikan PSBD sebagai tempat perekat silahtuhrahmi sesama warga Asahan”

Surya menambahkan, saya ucapkan terima kasih kepada etnis jawa yang telah menampilkan berbagai kesenian dan budaya daerah yang dimiliki oleh orang jawa.Semoga kesenian dan budaya tradisonal ini terus berkembang dan dapat dilestarikan oleh para generasi muda.

Sementara itu Seketaris DPD Pujakesuma Sumantri menuturkan bahwa pagelaran seni dan budaya etnis jawa,kita menampilkan berbagai kesenian daerah yang kita miliki, antara lain ada tari jaran gedruk, kuda kepang,campur sari,gamelan dan acara tingkepan 7 bulanan.

Selain itu Sumantri mengatakan etnis jawa juga menyajikan berbagai racikan kuliner tradisional milik orang jawa,ada tiwul, gethuk, cenil,minuman khas beer plethok dan lain sebagainya yang diberikan kepada warga atau masyarakat pengunjung secara gratis.

"Tari jaran gedruk yang tampil pada ajang Pentas Seni Budaya Daerah tadi malam,memang luar bias, membuat takjub dan memukau ribuan orang yang memadati arena PSBD.Dimana saat pembukaan acara PSBD,tari jaran gedruk ikut ditampilkan dan membuat kagum Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Asahan H Surya yang saat itu turut hadir.”tutur Mas Mantri.

Sementara itu sesepuh tokoh Pujakesuma Endang Ngadiman Wijaya memberikan apresiasi atas kegiatan  yang ditampilkan oleh etnis jawa.

“Mantap acara yang dikemas,saya terkesan sekali,kagum dan sukses.Acara ini mengingatkan masa lalu saya,apalagi makanan tiwulnya,ada sejarah tersendiri yang mendalam,saat waktu sekolah di SMA tahun 71 an,tiap pagi sarapan tiwul,karena waktu itu beras mahal,terima kasih mas Rianto”ujar sesepuh jawa Endang Ngadiman.

(Depram)
Komentar

Berita Terkini