|

Tanamkan Karakter Cinta Bersih Lingkungan Sejak Dini

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Sebanyak 1.000 pramuka cilik mengikuti kegiatan Penggalang Cilik 2019 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan di Scout Village (Dusun Pramuka) Sibolangit, Jumat (29/11) malam. Kegiatan yang mengusung tema, "Pramuka Sebagai Patriot Lingkungan, Pramuka Yang Cinta Alam" dibuka langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan.

Penggalang Cilik 2019 akan berlangsung selama tiga hari, mulai 29 Nopember-1 Desember. Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan langsung Plt Wali Kota didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan HM Husni selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Medan, Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi sebagai Ketua Panitia Penggalang Cilik 2019 dan Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho Nasution selaku Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Medan.

Selama tiga hari, para  pramuka cilik yang berasal dari penggalang usia sekolah dasar utusan kwartir ranting sejajaran Kwarcab Kota Medan akan mengikuti serangkaian kegiatan, diantaranya lomba cerdas Pramuka, kuliner Nusantara, yel-yel kontes, ketrampilan kepramukaan, tata laksana kemah dan outdoor scouting activity games. Selama mengikuti kegiatan, pramuka cilik didampingi pembina pendamping sehingga tujuan untuk memberikan pendidikan kepada pramuka cilik tepat sasaran dan membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Dalam sambutannya, Akhyar mengucapkan terima kasih dengan digelarnya Penggalang Cilik 2019. Sebab,  para pembina Pramuka telah mendidik dan membimbing pramuka cilik menjadi mandiri, cerdas dan terampil. Di samping itu  juga kegiatan ini dapat membentuk generasi muda yang berkarakter dan unggul.

Dikatakan Akhyar, ciri-ciri generasi berkarakter dan unggul, diantaranya pintar, cerdas mampu berkomunikasi dan mengorganisir diri  dengan baik serta beriman dan berahlak mulia. Oleh karenanya melalui kegiatan ini, Akhyar berpesan agar para pembina Pramuka membiarkan Pramuka cilik untuk berimajinasi sesuai dengan yang diinginkannya.

"Silahkan anak-anak terus berimajinasi dan mengeksplorasi diri dalam kegiatan ini. Dengan imajinasinya itu anak-anak akan berupaya untuk mewujudkan cita-citanya. Apalagi sekarang ini tidak cukup hanya mengandalkan kepintaran, tapi harus unggul dan berkarakter," kata Plt Wali Kota.

Selanjutnya, Akhyar minta agar seluruh pramuka cilik agar diajarkan dan ditanamkan karakter untuk cinta kebersihan. Sebab, itu dasar utama membentuk kepribadian  agar senantiasa cinta kebersihan. "Bersih itu sangat prinsipil. Jadi kebersihan harus kita tanamkan sejak dini. Untuk itu saya berharap kepada seluruh kepada kakak pembina untuk selalu menanamkan karakter bersih kepada adik-adik pramuka sehingga mereka nantinya mendukung program Pemko Medan mewujudkan Medan bersih sampah," pesannya.

Dengan rutinnya Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan menggelar kegiatan kepramukaan, Akhyar optimis ke depan nantinya, Kota Medan memiliki basis gerakan pramuka yang kokoh. Di samping itu juga Akhyar pun berharap agar gerakan kepemudaan di ibukota Provinsi Sumut  dapat terlaksa dan Pramuka menjadi motor penggeraknya.

"Kita menginginkan generasi muda yang berdaya saing, bertanggungjawab, cerdas, religius, inovatif, kreatif serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan, guna mewujudkan cita-cita gerakan Pramuka dan cita-cita nasional bangsa Indonesia. Semua itu ada pada gerakan pramuka yang diformulasikan lewat kegiatan-kegiatan pada jambore penggalang cilik ini," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan HM Husni  berpesan kepada pramuka cilik agar saling menjalin silaturahmi dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. "Kakak berharap agar kita selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih. Mari kita kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, sampah plastik dapat mencemarkan lingkungan," pesan Husni.

Sebagai implementasinya, jelas Husni, kegiatan Penggalan Cilik 2019 ini tidak menggunakan bahan plastik selama tiga hari kegiatan berlangsung. Dikatakannya, seluruh pramuka cilik menggunakan tumbler yang dapat digunakan berulang-ulang untuk tempat air minum. "Yang kami lakukan ini untuk mendukung program Pemko Medan yang diinisiasi Bapak Plt Wali Kota untuk mengurangi sampah berbahan plastik. Seluruh jajaran Kwarcab Pramuka Kota Medan siap mendukungnya," tegasnya.

Sedangkan Zulfakahri Ahmadi selaku Ketua Panitia Penggalang Cilik 2019 menelaskan, tujuan kegiatan ini digelar untuk memberikan pendidikan bagi para anggota gerakan Pramuka yang berkesinambungan guna meningkatkan kwalitas kemandirian hidup. "Di samping itu melalui kegiatan ini, kita ingin membangun rasa kebersamaan sesama anggota gerakan Pramuka," jelas Zulfakhri.

Sebelum membuka Penggalang Cilik 2019, Plt Wali Kota menyerahkan bantuan operasional kwartir ranting tahun anggaran 2019 kepada  perwakilan kwartir ranting masing-masing sebesar Rp.7.500.000 serta tumbler sebagai wujud untuk mengurangi sampah plastik di Kota Medan.(rel/dn)









Komentar

Berita Terkini