Rusia Tawarkan Tukar Jet Tempur Tua Malaysia dengan Su-35 dan MiG-35

armen
Sabtu, 30 November 2019 - 09:19
kali dibaca


Su-30 Malaysia

Mediaapakabar.com-Malaysia  mengkonfirmasi telah menerima tawaran dari Rusia untuk menukar sebagian armada pesawat tempur multirole buatan Rusia dengan model-model baru.

Menteri Pertahanan Mohamad Sabu di depan parlemen mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan tawaran dari Moskow tetapi mengindikasikan bahwa prioritas Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) adalah dalam pengadaan platform untuk meningkatkan kemampuan pengawasan dan serangan ringan. Dia juga mengindikasikan bahwa Malaysia tidak mempertimbangkan untuk membeli pesawat tempur multirole baru sampai setelah tahun 2030.

RMAF saat ini mengoperasikan sekitar 18 pesawat Su-30MKM, yang dikirim dari 2007. Layanan ini juga baru saja mempensiun 10 MiG-29, yang dioperasikan sejak pertengahan 1990-an.

Sebagaimana dilaporkan Jane Kamis 28 November 2019, saat  ditanya apakah Malaysia bersedia menerima tawaran pemerintah Rusia untuk mengambil kembali 28 jet dan menggantinya dengan pesawat baru buatan Rusia, Sabu menjawab meskipun akuisisi pesawat tempur multirole tidak ada dalam rencana Kementerian Pertahanan, tawaran itu masih dipertimbangkan.

Penawaran dilaporkan mencakup transfer model Su-35 atau MiG-35 baru dan juga kemungkinan ditambah dengan sejumlah komoditi seperti minyak kelapa sawit Malaysia.

Sabu menambahkan bahwa sejalan dengan program modernisasi jangka panjang RMAF, pihaknya akan terus memprioritaskan mempertahankan armada Su-30MKM yang ada dan delapan Boeing F / A-18 Hornet yang diperoleh pada akhir 1990-an. Prioritas ini akan berlanjut hingga 2030, katanya

Sabu menambahkan bahwa prioritas pengadaan jangka pendek untuk RMAF termasuk pesawat patroli maritim, pesawat tanpa awak kelas medium-altitude, long-endurance (MALE) dan jet tempur ringan/pesawat latih.(Jejaktapak)
Share:
Komentar

Berita Terkini