Resmi, KM Ihan Batak II Beroperasi di Danau Toba, Layani Jalur Ajibata- Ambarita PP

Media Apakabar.com
Minggu, 10 November 2019 - 19:55
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Layani jalur Ambarita - Ajibata PP, Kapal penyeberangan dan Penumpang RO-RO 300 GT yang diberi nama Ihan Batak II, milik Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara resmi diluncurkan dari Pantai Pasir Putih Parparean, Kecamatan Porsea, Toba Samosir, Sabtu (9/11/2019) pagi.

Kapal Ihan Batak II   dapat membawa 180 penumpang, 12 unit truk serta 24 unit kendaraan roda empat jenis sedan dan SUV.Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI, Drs Budi Setiyadi SH bersama Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, melakukan peluncuran diiringi suara sirine.

Acara peluncuran juga diwarnai dengan pemecahan telor ayam kampung dan penaburan ‘Boras si Pir ni Tondi’ ke badan kapal oleh tokoh masyarakat Parparean Porsea, diwakili Wilson Napitupulu bersama S Silaban yang disaksikan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiawan, Bupati Darwin Siagian dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga serta camat Porsea Robert Manurung.

Dirjen Hubungan Darat Budi Setiawan mengatakan, kapal RO-RO 300 GT yang baru saja diluncurkan merupakan kedua dalam jenisnya yang akan beroperasi di Danau Toba dengan rute Ajibata-Ambarita, Samosir.

“Memang, sudah sejak dua tahun lalu sudah melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan, baik kualitas dan pelayanan terhadap masyarakat. Juga pemenuhan sarana-sarana dan prasarana di Danau Toba untuk kebutuhan yang lebih maksimal,” katanya seperti dikutip dari Metro24jam.com.

Sementara itu, Bupati Tobasa Darwin Siagian mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perhubungan Darat atas Peluncuruan Kapal RO-RO yang kedua serta pelaksanaan pembangunan di Danau Toba khususnya di Kabupaten Toba Samosir.

“Seperti, pembangunan dermaga di Balige dan juga di Ajibata, pembangunan kapal RO-RO 300 GT yang pada hari ini juga dimulai peletakan Lunas. Terimakasih banyak Pak Dirjen atas programnya,” sebut Darwin.

Tampak hadir pada acara tersebut, Direktur Utama PT Dok Bahari Nusantara Sophan Sophian ST, Direktur Transportasi SDP Ir Chandra Irawan, Dishub Sumut, Kajari Balige DR Robinson Sitorus SH MH, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen, Kapolres Samosir AKBP M.Saleh, tokoh agama, Tokoh Adat Wilson Napitupulu, serta undangan lainnya.

editor:armen

Share:
Komentar

Berita Terkini