Ketua TP PKK Asahan : CTPS Merupakan Program Pengendalian Infeksi

Media Apakabar.com
Selasa, 19 November 2019 - 17:01
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia,adalah merupakan program agar masyarakat dapat selalu berperilaku hidup sehat. Terutama selalu membiasakan diri dengan melakukan gerakkan Cuci Tangan Pakai Sabun sejak dini.

Penyampaian maksud tersebut diutarakan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny.Hj.Titiek Sugiharti Surya dalam acara kegiatan cuci tangan pakai sabun di SMAN 2 Kisaran  Selasa (19/11/2019).

Titiek  mengatakan, kebiasaan cuci tangan pakai sabun harus bisa dilakukan sejak dini dan dipraktikkan secara terus menerus. Berikanlah contoh yang baik dan dimanapu berada kepada anak-anak kita agar terhindar dari bibit penyakit dan bisa hidup dengan sehat.

Sebagai orang tua,Kita harus bisa menjadi contoh dan tauladan bagi anak-anak. Kita harus mampu menanamkan  kepada anak -anak untuk selalu hidup bersih dengan membiasakan  mencuci tangan pakai sabun.Ini saya sampaikan agar anak-anak kita terbebas dari kotoran maupun kuman di tangan,terutama cucilah tangan sebelum dan sesudah makan.

"CTPS adalah merupakan program pemerintah dalam upaya untuk pengendalian terjadinya infeksi dan bibit penyakit khususnya kepada anak-anak."kata Titiek.

Selain itu CTPS dapat berguna untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain. Sebab hampir sebanyak 98 persen penyebaran kuman  ataupun bibit penyakit di tubuh kita bersumber dari tangan.

Maka untuk,saya mengajak semua masyarakat dengan kesadaran yang tinggi betapa pentingnya arti kesehatan itu. Sebab banyak yang tidak menyadari bahwa angka kejadian berbagai penyakit infeksi di Indonesia cukup tinggi yang disebakan oleh kuman dari tangan.

Oleh karena itu sebelum terjadi penyakit infeksi mari kita cegah dengan cara yang sederhana dan murah melalui gerakkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) atau dengan menggunakan handrub berupa pembersih tangan sejenis alkohol.

Dalam kesempatan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia. Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan beserta Pengurus PKK melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun bersama sama dengan siswa/ siswi SMAN 2 Kisaran.

Hj.Titiek juga turut membagikan tempat minuman kepada siswa/siswi usai melaksanakan cuci tangan pakai sabun dan diakhiri dengan pemberian kuis bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan .

Turut hadir dalam acara tersebut antara Kepala Dinas Pendidikan mewakili Bupati , Wakil Ketua TP. PKK Kab Asahan Ibu Yusnila Indriati Taufik beserta pengurus PKK, Kepala Puskesmas Gambir  Baru Dr Riana, Kepala SMAN 2 Kisaran Saharuddin Lubis, SPd, MM, Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur, Ketua TP.PKK Kecamatan Kisaran Timur.

(Depram)

Share:
Komentar

Berita Terkini