Kabupaten Asahan Terima Penghargaan Sebagai Inovator Terbaik 2 Pengembangan siCANTIK Cloud Dari Pemerintah Pusat

Media Apakabar.com
Senin, 04 November 2019 - 16:34
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Kabupaten Asahan terus berbenah dalam memberikan pelayanan melalui Aplikasi Cerdas Layanan Terpadu untuk Publik (siCANTIK) berbasis online yang berfungsi untuk menyederhanakan proses perizinan.

Layanan siCANTIK dapat mempercepat proses  perizinan yang akuntabel dan transparan.
Pemerintah Republik Indonesia terus mendorong agar seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk dapat segera memanfaatkan penggunaan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (siCANTIK).

siCANTIK adalah merupakan aplikasi berbasis online dan berfungsi untuk menyederhanakan proses perizinan. Maka dengan kemudahan aplikasi ini, proses perizinan akan dapat meningkatkan peluang investasi di daerah.

Dan secara tidak langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. siCANTIK sendiri merupakan sistem cloud yang berbasis Web dan terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) yang dapat digunakan oleh instansi Pemerintah secara gratis untuk Perizinan berusaha maupun layanan lainnya dengan pelaksananya adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) di daerah.

Pemerintah daerah yang berhasil menggunakan dan mengembangkan aplikasi siCANTIK sesuai penerapan sistem pemerintahan yang  berbasis elektronik (e-Government) mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Hasilnya bertepatan dengan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.Pemerintah Kabupaten Asahan meraih penghargaan sebagai inovator terbaik ke 2 dari Pemerintah Pusat dalam penggunaan dan pengembangan Aplikasi siCANTIK Cloud,Senin (4/11/2019) di balai Sudirman, Menteng Dalam Jakarta Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kepada Bupati Asahan H. Surya,didampingi Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo, Kadis PM&PTSP serta Kabag Perlengkapan.

Menteri Komunikasi dan Informatika dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten Asahan yang telah mampu menerapkan Aplikasi siCANTIK dengan baik.

Jhonny G Plate juga mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah adqlah merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan Gerakan menuju 100 Smart City dengan optimalisasi infrastruktur internet seperti Palapa ring yang telah dibangun hingga ke pelosok Nusantara.

"Kita ketahui Smart City tidak bisa diwujudkan dalam sehari. Untuk itu program ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan agar Pemerintah Daerah dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik serta menggenjot konsumsi dan produksi masyarakat dengan marketplace” ungkapnya.

Maka untuk itu Menteri Jhonny berharap agar Smart City di Indonesia dapat menjadi wadah dalam menunjukkan dan memunculkan kekhasan daerah sebagai daya tarik dengan menawarkan kearifan lokal tiap daerah, tidak sekedar mengikuti trend yang ada,tambah Jhonny mengakhiri ungkapannya.

Menanggapi keberhasilan Pemkab Asahan meraih penghargaan siCANTIK. Bupati Asahan H. Surya,mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras mewujudkan penerapan aplikasi siCANTIK di Kabupaten Asahan sehingga mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Terbaik II.

"Teruslah bekerja keras dengan  penerapan aplikasi siCANTIK pastinya kedepan akan meningkatkan jumlah perizinan khususnya di Kabupaten Asahan"kata Bupati.

Untuk itu Bupati berharap dengan prestasi yang berhasil diraih  Kabupaten Asahan semoga dapat meningkatkan semangat dan kinerja aparatur pemerintah, khususnya dalam menciptakan kreasi dan inovasi di bidang pengurusan perizinan demi terciptanya pengurusan perizinan yang lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel dan terintegrasi,tutur Bupati Surya.

(Depram)


Share:
Komentar

Berita Terkini