|

Kabag Hukum : Setelah Penghapusan Asset, Kerangka Patung Yesus Akan Dirobohkan

Kali Dibaca
Kabag Hukum : Setelah Penghapusan Asset, Kerangka Patung Yesus Akan Dirobohkan
Kabag Hukum Taput Alboin Butarbutar. (Darwin Manalu)
Mediaapakabar.com-Proyek total loss patung Yesus yang dibangun persis diperbukitan Dusun Peatolong Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung Taput akan dirobohkan setelah penghapusan asset oleh Pemkab Taput melalui BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan  Asset Daerah).

" Saat ini bagian asset BPKPAD Taput sudah mencatat proyek patung Yesus itu sebagai asset yang bermasalah karena masih dalam proses di pengadilan dan belum selesai," ujar Kabag Hukum Taput Alboin Butar Butar kepada mediaapakabar.com saat dikonfirmasi dikantornya, Senin (11/11).

Penghapusan asset kata Alboin, telah dikordinasikan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Kodim 0210/TU.

" Waktu penghapusan akan ditentukan kemudian untuk perobohan kerangka patung Yesus tersebut," katanya.

Sampai saat ini, Pemkab Taput belum ada rencana pembangunan lanjutan patung itu.
Karena apa, selain proyek total loss, patung Yesus itu sudah mengalami kemiringan yang mengarah kedepan.

Dikhawatirkan, kemiringan patung itu akan semakin bertambah karena terpaan angin dan hujan yang membuat tanah semakin lembek.

Apalagi kalau casing kerangka itu dibuat, maka semakin mempercepat proses kemiringan dan akan roboh lurus kedepan tempat perladangan korban. Kita takut akan menelan korban jiwa." Itu hasil kajian para ahli yang khusus didatangkan dari USU," tegas Alboin.
Soal kerangka milik pengusaha ataupun Pemkab Taput bila bangunan kerangka patung sudah dirobohkan, itu akan ditentukan kemudian. 

" Yang penting kita robohkan dulu sebelum tumbang dengan sendirinya," terang Alboin.
Ditanya mengenai status lokasi, Alboin menjelaskan, bahwa lokasi bangunan dulunya masih status pinjam pakai milik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Sekarang, statusnya sudah menjadi pinjam pakai Pemkab Taput.

" Kita berterimah kasih kepada bapak Sihar Sitorus anggota DPR RI yang memberi perhatian untuk melanjutkan pembangunan patung Yesus itu. Seperti pemberitaan di beberapa media yang menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah masyarakat," aku Butarbutar.

Saat bersamaan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan saat ditanyai mengenai proyek total loss patung Yesus dalam tanggapannya mengatakan, bahwa pembangunan patung Yesus itu tidak bisa dilanjutkan, karena konstruksi bangunannya dari awal sudah tidak bagus.

Saya berterimah kasih kepada seluruh warga Taput yang pro dan kontra saat memberi tanggapan di berbagai Media Sosial Facebook menanggapi perkataan Sihar Sitorus akan melanjutkan patung Yesus itu. 

" Saya tidak pernah berkeinginan untuk memindahkan bangunan itu. Tapi saya tidak mau melanjutkan pembangunan itu, karena selain masih bermasalah dengan hukum, bangunan itu sudah tidak layak lagi untuk dibangun.

(Win)
Komentar

Berita Terkini