|

Jadikan Maulid Rasullah Perkuat Ukuwah Islamiyah

Kali Dibaca


Mediaapakabar.com- Ribuan umat Muslim menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H yang diselenggarakan Pemko Medan di Lapangan Porta Jalan Perjuangan, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Selasa (12/11). Melalui peringatan hari kelahiran Rasulullah ini, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap dapat menjadi ajang silaturahmi bagi  umat Islam guna menguatkan ukuwah Islamiyah demi masa depan yang lebih baik untuk semua.

Sejak pagi warga dengan penuh antusias hadir di lapangan untuk mengikuti maulid.  Tepat pukul 09.00 WIB, maulid pun dimulai dengan pembacaan surat suci Al Qur'an oleh Hj Nurjanah, qoriah terbaik ketiga MTQ Nasional di Pontianak 2019. Setelah itu maulid yang juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Medan, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM, pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Medan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ibu-ibu pengajian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin Wakil Ketua MUI Kota Medan DR H Hasan Maksum  MAg.

Sebelum  Al Ustadz Dandi Farid Mustofa atau yang lebih dikenal dengan nama Abi Makki dari Jakarta menyampaikan tausiah, Plt Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, peringatan maulid yang diperingati ini merupakan sebuah bentuk kecintaan akan sosok mulia bernama Muhammad bin Abdullah. "Allah SWT telah memberikan kita hadiahnya yang utama yaitu lahirnya Rasullah yang kelak akan mengubah wajah dunia menjadi penuh kedamaian dan keselamatan," kata Plt Wali Kota.

Kemudian Plt Wali Kota menambahkan, bukan hanya umat Muslim yang terpesona akan kharisma dan pesona yang dimiliki oleh seorang Nabi Muhammad. Bahkan ungkap Akhyar, seorang non Muslim bernama Michael Hart tahun 1978 menulis sosok Nabi Besar Muhammad SAW sebagai sosok nomor satu paling berpengaruh di dunia.

Dikatakan Akhyar, Rasululllah adalah sosok berjiwa besar yang tenang, dijunjung tinggi dan diciptakan untuk menerangi dunia. Kemudian memiliki pandangan yang kokoh, pemikiran yang lurus serta ditambah kecerdasan, kecermatan  dan pengetahuan akan kemaslahatan umat.

"Semua kelebihan ini merupakan bukti sahih dan nyata akan kepandaian Rasulullah. Di samping itu kebenaran dan kejujuran adalah dasar semua kerja beliau dan menjadi pondasi semua sifat utamanya. Inilah sebab mengapa Rasulullah  sangat dimuliakan dan dicintai oleh umat Muslim di seluruh dunia," jelasnya.

Selanjutnya dalam momentum peringatan maulid ini, mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya mengajak seluruh yang hadir untuk senantiasa bermunajat, berdoa, berdzikir, membaca surah Nabi Besar Muhammad SAW dan selalu bersholawat atasnya. "Mudah-mudahan hal ini akan membuat kita semakin tenang dan tentram," harapnya.

Sementara itu Al Ustadz Abi Makki dalam tausiahnya mengatakan, ketaqwaan memiliki empat perisai yakni bersyukur ketika mendapat nikmat, sabar ketika mendapa cobaan, istiqomah dalam beribadah dan bertaubat ketika melakukan kesalahan.

Di samping itu Abi Makki mengajak seluruh umat Muslim yang hadir agar selalu meneladani Rasulullah SAW. Apalagi dalam Al Qur'an disebutkan Muhammad adalah uswatun hasanah yakni teladan  yang baik."Selain itu Rasulullah juga diutus Allah SWT ke dunia untuk menyempurnakan ahlak dan ahlak itu dapat menyelesaikan berbagai persoalan," kata Abi Makki. 


(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini