Diduga virus hog cholera Sebabkan Kematian 4.682 ekor babi di Sumut

Media Apakabar.com
Kamis, 07 November 2019 - 15:02
kali dibaca
Bangkai babi ditemukan di aliran Sungai Bederah, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara . (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
Mediaapakabar.com-Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Azhar Harahap mengatakan 4.682 ekor babi mati di Sumut diduga terjangkit virus hog cholera.

"Virus hog cholera menyerang 4.682 ekor ternak babi di Sumut dan itu tersebar di 11 kabupaten/kota,” katanya di Medan, Kamis (7/11) dilansir Antara.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah mengambil langkah-langkah yaitu salah satunya langsung turun ke kabupaten/kota yang terkena wabah, melakukan monitoring sekaligus pengambilan sampel. 

"Kita juga memberikan vaksin pada ternak yang masih sehat," ujarnya

Selain itu, katanya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga telah mengeluarkan surat edaran kepada bupati dan wali kota untuk menekan wabah ini, yakni dengan tidak membuang bangkai babi yang terinfeksi hog cholera sembarangan.

“Untuk hog cholera ini tidak berbahaya pada masyarakat dan penularannya hanya dari babi ke babi. Tidak menular ke ternak lain dan manusia. Bahkan dikonsumsi manusia juga tidak ada masalah,” jelasnya.

Adapun sebelas kabupaten/kota tersebut yakni Deliserdang, Humbang Hasundutan, Dairi, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Samosir.

(Antara)
Share:
Komentar

Berita Terkini