Dewan Komisioner Komnas Perlindungan Anak Bertemu Mensos RI

Media Apakabar.com
Senin, 04 November 2019 - 19:59
kali dibaca
Dewan Komisioner Komnas Perlindungan Anak Bertemu Mensos RI
Pertemuan dengan penuh keakraban itu diakhiri dengan photo bersama dan saling berjabat tangan,dok
Mediaapakabar.com-Guna penguatan kerjasama strategis dalam memberikan layanan sosial, advokasi dan perlindungan bagi anak di Indonesia yang lebih erat lagi ,  KOMNAS Perlindungan Anak sebagai institusi independen dibidang promosi, pembelaan dan perlindungan anak di Indonesia bertemu Menteri Sosial RI Yuliari Batubara, Senin(04/11).

Dalam kesempatan itu, Menteri Sosial yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial, Direktur Sosial Anak, Staff Khusus Mensos Sony Manalu dan staff Resos,menyambut baik ajakan kerjasama Komnas Perlindungan Anak untuk membangun gerakan perlindungan anak yang lebih terukur, berbasis masyarakat,  masif, dan  berkesinambungan melibatkan Potensi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) di daerah.

Untuk mewujudkan penguatan kelembagaan perlindungan anak  berbasis  masyarakat  di Indonesia,  dan untuk  merespon berbagai masalah-masalah anak di Indonesia,  Mensos meminta Dirjen Rehabilitasi Sosial utuk segera menyiapkan Nota Kesepemahaman (MoU) antara KOMNAS Perlindungan Anak dan Kemensos RI.

Dalam percakapan yang penuh keakraban itu, disepakati  akan mengatur kerjasama Penguatan Kelembagaan (capacity building) untuk 189 LPA diberbagai daerah yang telah terverifikasi keberadaannya di sebagai lembaga mitra Kemensos.

Dalam MoU tersebut juga akan diatur mengenai mekanis dan teknis  pelatihan bagi relawan perlindungan,  rehabilitasi dan pemulihan anak sebagai korban,  pelatihan penanganan kedarutan, dan  pelatihan bagi tenaga pendamping anak disabilitas akut di berbagai daerah.

"Pakailah Kemensos  senyaman-nyamannya sebagai  rumah  bagi KOMNAS Perlindungan Anak dalam memberikan respon terhadap berbagai permasalahan Sosial anak  di Indonesia.Demi kepentingan terbaik anak, saya siap membantu",  tegas Mensos kepada Arist yang memimpin delegasi Komnas Anak sebutan lain dari Komnas Perlindungan Anak itu.

Dalam audiensi itu, Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak didampingi Roestin Illyas selaku Dewan Pengawas,    Dhanang Sasongko selaku Sekretaris Jenderal, Dr. Imaculata Umiyati, SPd  MPsi/Komisioner Pemantauan dan Sosialisasi Hak Anak,  Lia Latifah, SPd Komisioner Penguatan Sumberdaya, serta Pravistania Putri Staff Sekretariat.

(rel/dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini