-->
    |
Follow Us :

Bupati Langkat Sampaikan 4 Poin Penting Pada Rakorpem

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA  membuka Rapat Kordinasi  Pemerintahan (Rakorpem) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (18/11/2019).

Bupati pada sambutan di Rakorpem tersebut menyampaikan empat poin penting. Pertama, di sektor pemberdayaan masyarakat Desa. Bupati mengingatkan  bahwa penyaluran Dana Desa tahap III sebesar 40 persen belum terealisasi ke 240 Desa.

Karena  waktu tahun anggaran 2019 semakin sempit, Bupati meminta seluruh OPD terkait dan pihak Camat melakukan percepatan dalam pengajuan penyaluran Dana Desa.

Selain itu, adanya mantan Kades yang tersandung kasus hukum,  Bupati juga meminta kepada OPD terkait dan Kecamatan agar meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap Desa, terutama berkenaan pengelolaan keuangan Desa.

Kedua, soal penugasan guru sebagai Kepala Sekolah (Kasek),  bahwa berdasarkan Permendikbud No 6 tahun 2018, bahwa setiap Kasek  wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan calon Kasek. Perlu diingat pengakatan Kasek yang tidak memenuhi persyarakat dapat mengkibatkan tidak sahnya jabatan.

Ketiga, masalah asap rokok, Bupati  mengintruksikan kepada seluruh pimpinan OPD dan Camat, untuk segera melaksanakan Perda No 1 tahun 2019, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Perbup No 5 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan KTR.

Keempat,Bupati meminta kepada tim intensitasi PAD Kabupaten Langkat, untuk terus memonitor pemasukan realisasi di masing-masing OPD pengelola PAD maupun Kecamatan, kemudian melaporkannya secara berkala. Sebab, hingga akhir Oktober lalu, penerimaan PAD baik dari sektor pajak dan retribusi, secara keseluruhan baru mencapai Rp. 135.425.231.794 atau 86,52 % dari target sebesar  Rp. 156.520.657.861. 

Selain keempat poin diatas, Bupati juga meminta perhatian semua pihak untuk menuju opini WTP, serta mengintruksikan  kepada Inspektur untuk menyampaikan perkembangan monitoring, tindak lanjut laporan hasil pemeriksan BPK RI atas laporan keuangan Pemkab Langkat.

Terkahir, Bupati meminta kepada saudara Sekda untuk memandu jalannya Rakorpem dengan dibantu para Asisten dan Staf Ahli Bupati. Bupati sangat berharap dengan Rakorpem ini, permasalahan – permasalahan  yang ada segera dapat diselesaikan.

Turut hadir para pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Langkat, serta para peserta Rakorpem lainnya.

(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini