|
Follow Us :

Bupati Asahan, Irup HKN Ke 55 Sampaikan Dua Persoalan Kesehatan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Langkah upaya untuk membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas saat ini  ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan yaitu  tentang permasalahan stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pernyataan tersebut diutarakan Bupati Asahan H Surya Bsc saat bertindak sebagai Inspektur upacara  pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan,Rabu (27/11/2019) bertempat di halaman Kantor Bupati Asahan.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.Tema yang diangkat tersebut sesuai dengan apa yangdiamanatkan oleh Presiden RI,saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024.

"Bahwa perhatian Pemerintah Indonesia dalam kurun lima tahun mendatang, yang menjadi skala prioritas adalah membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan unggul"ujar Bupati H. Surya ketika membacakan pidato Menteri Kesehatan RI,Terawan Agus Putranto
H.Surya mengatakan, saat ini ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yaitu stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kemudian selain itu masih ada dua isu kesehatan Iainnya juga yang harus diatasi, yaitu tentang tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih minimnya atau rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

"Maka persoalan isu itu akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," tegas H. Surya.

Menurut H.Surya, bahwa Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun terdapat tantangan besar yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN tersebut.

Peningkatan dan pemanfaatan JKN menjadi bukti, bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh Masyarakat Indonesia. Oleh karena itu mari kita cari solusi bersama bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini. Terutama dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata,ajak Surya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasinal ke 55 yang dilaksanakan  Pemkab Asahan itu, Bupati Asahan H Surya memperoleh penghargaan Swastisaba Padapa, berupa penghargaan tingkat pemantapan dari Forum Kabupaten Sehat yang diserahkan oleh H. Humaidi S. Pane.

Ditempat yang sama Bupati Asahan juga turut  menyerahkan piagam penghargaan dan piala pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Para pemenang lomba tersebut antara lain Lomba Senam Peregangan tingkat Provsu  yang diberikan kepada Puskesmas Gambir Baru  dan diterima langsung dr.Riana Minerva Sibarani.

Lalu lomba PHBS tingkat Kabupaten Asahan dimenangkan Desa Suka Makmur Kecamatan BP. Mandoge, lomba Asuhan Mandiri tradisional dimenangkan Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kisaran Barat, lomba LBS dimenangkan Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane.

Kemudian Bupati turut menyerahkan piagam penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas di Kabupaten Asahan yang diberikan kepada drg. Afrina Dewi Hasibuan dari Puskesmas Simpang Empat kategori sebagai dokter  teladan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional 55 tahun 2019 dihadiri para Asisten,  OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan , mahasiswa kampus kesehatan, pegawai rumah sakit dan instansi lainnya.

(depram)
Komentar

Berita Terkini