Bupati Asahan Bertindak Sebagai Irup Hari Pahlawan

Media Apakabar.com
Minggu, 10 November 2019 - 18:43
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Asahan H Surya bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam acara kegiatan peringatan Hari Pahlawan,bertempat di lapangan alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran,Minggu (10/11/2019)

"Hari ini tepat tanggal 10 November 2019 masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan hari pahlawan adalah sebagai bentuk rasa syukur kita atas kemerdekaan Republik Indonesia guna mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Oleh karena itu,  Kita merasa beruntung karena kita hidup dimasa yang damai sehingga kita dapat menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan.

Awal mula peringatan hari pahlawan diambil dari peristiwa terjadinya perlawanan antara masyarakat Surabaya (yang dikenal arek-arek Suroboyo) terhadap sekutu sebagai bentuk mempertahankan kemerdekaan yang saat itu menewaskan Jenderal AWS Mallaby. 

Momentum tersebut menjadikan spirit para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah, seperti di Bandung yang dikenal dengan Bandung Lautan Api, di Semarang dikenal dengan pertempuran 5 hari, di Yogyakarta dikenal dengan Serangan Umum 1 Maret, di Sumatera Utara dikenal dengan peristiwa Medan Area.

Maka untuk itu  melalui peringatan hari pahlawan ini, perlunya pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia, khususnya bagi generasi muda yang dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti keberanian, tanggung jawab, rela berkorban, dan jiwa kepeminpinan dalan menghadapi tantangan kedepan, demikian dikatakan Bupati Asahan.

Masih dikatakan H. Surya, BSc  ketika membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara meminta agar para anak muda mampu membangkitkan semangat inovasi. Sebab hal itu merupakan bentuk aksi nyata bagi pahlawan masa kini,agar dapat melakukan kegiatan  dengan cara menolong sesama agar tidak menyebarkan berita hoak.

Maka untuk itu melalui peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat inovasi pada anak muda untuk dapat menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019 'Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak memprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban, tidak menyebarkan hoax tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan lain sebagainya.

Dalam acara peringatan Hari Pahlawan Tahun ini Bupati  Asahan turut menyerahkan piagam penghargaan terhada  tokoh olah raga Kabupaten Asahan kepada Kapolres Asahan AKBP. Faisal F. Napitupulu, SIK. MH.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan Kabupaten Asahan Tahun 2019, diakhiri dengan acara tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan oleh Bupati Asahan,Forkopimda, Sekretaris Daerah, MUI, IMTAG, ORMAS, OKP, ASN dan unsur TNI/ Polri dan para Veteran.

(Depram)
Share:
Komentar

Berita Terkini