|
Follow Us :

BI Wilayah Sumut Kenalkan Pembayaran QRIS ke Setiap Kampus di Medan

Kali Dibaca
BI Wilayah Sumut Kenalkan Pembayaran QRIS ke Setiap Kampus di Medan
Kepala Grup Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI Sumut,bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Ramli SE MS, Akhis R Hutabarat
Mediaapakabar.com-Revolusi teknologi membuat generasi milenial menuntut segala aspek dalam kehidupannya, tidak terkecuali dalam kegiatan bertransaksi. Dengan menjawab tantangan berkembangnya isu industri 4.0 dan ekonomi digital. Maka Bank Indonesia Wilayah Sumut kenalkan pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di tiap kampus kampus di Medan.

Kepala Grup Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI Sumut, Andiwiana S mengatakan dewasa ini, perkembangan teknologi telah merevolusi seluruh aktivitas sehari hari manusia. Revolusi teknologi juga telah masuk ke ranah ekonomi dan industri sehingga saat ini 

"Tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, salah satunya adalah mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar dan handal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujarnya di Kampus Universitas Sumatera Utara, Jumat (1/11/2019)petang.

Berbicara mengenai sistem pembayaran, dengan perkembangan teknologi saat ini, jenis instrumen serta tingkat penggunaannya kian hari jumlahnya terus meningkat. Lahirnya beragam inovasi sistem pembayaran khususnya pembayaran non-tunai seperti mobile banking, e-money dan fintech menandai peralihan tren pembayaran dari sistem tunai menjadi non-tunai. 

"Peralihan ini nyatanya sekarang telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat, termasuk generasi milenial. Oleh karena itu, saat ini terdapat beragam jenis aplikasi pembayaran seperti Ovo, Go-Pay, Dana, LinkAja dan lain sebagainya yang dimana generasi milenial merupakan pengguna utamanya," jelasnya.

Dengan hadirnya QRIS ini, para pengguna aplikasi pembayaran non tunai tidak perlu memiliki terlalu banyak aplikasi, karena hanya dengan memiliki satu aplikasi saja dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant. 

"Kami berharap sosialisasi ini dapat menjawab kebutuhan edukasi bagi generasi milenial terutama bagi adik adik di kampus ini terkait Kebijakan Sistem Pembayaran Terkini, Uang Elektronik, dan QRIS dalam mendorong ekonomi digital serta perekonomian di Sumatera Utara secara keseluruhan," ujarnya.

Dalam acara yang sama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Ramli SE MS, Akhis R Hutabarat, juga ingin menyampaikan apresiasi kepada adik-adik milenial mahasiswa / mahasiswi dari 8 (delapan) perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Utara, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Medan Area, Universitas Panca Budi, dan Politeknik Negeri Medan yang menunjukan semangat generasi milenial dalam mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia di bidang sistem pembayaran.

(abi)
Komentar

Berita Terkini