|
Follow Us :

Akhirnya , Eks Kapal Selam Soviet Ini Dijual setelah Terlunta-Lunta di Amerika

Kali Dibaca





Mediaapakabar.com-Eks kapal selam Soviet yang nasibnya terlunta-lunta di Amerika Serikat akhirnya akan segera dijual. Kapal tersebut sempat menjadi objek wisata sebelum kemudian teronggok tak terawatt di di sebelah Queen Mary di Long Beach.
Kapal tersebut diharapkan akan segera dijual kepada pembeli anonim, dengan rencana untuk menghapus kapal selam yang berkarat pada pertengahan Mei.

LA Times melaporkan Selasa,  19 November 2019, kapal selam kelas Foxtrot Rusia berusia 48 tahun, yang dikenal sebagai Scorpion itu menjadi salah satu tempat wisata selama 17 tahun sebelum kemudian rusak parah dan penuh dengan lumpur dan tanaman liar. Kapal itu ditutup untuk umum pada tahun 2015. Kondisinya yang mengganggu pemandangan dikeluhkan oleh sejumlah pihak.

Kapal selam ini dimiliki oleh NewCo Pty Ltd. yang berbasis di Palm Springs, yang menyewakan kapal selam itu ke Urban Commons, perusahaan real estate dan pengembang Los Angeles yang memegang kontrak sewa atas Queen Mary dan properti yang berdekatan.

Perwakilan untuk Urban Commons mengatakan bahwa kesepakatan tentatif telah dicapai untuk menjual kapal selam itu tetapi menolak untuk mengidentifikasi pembeli.
Robert Lisnow, seorang pengacara yang mewakili NewCo, membenarkan bahwa ada kesepakatan untuk penjualan kapal selam itu, tetapi dia tidak akan memberikan rincian apa pun.

Pada tahun 2016 NewCo mengajukan gugatan, menuduh pemegang sewa sebelumnya kapal selam dan Queen Mary mengabaikan kapal selam selama bertahun-tahun.
Gugatan itu mengatakan kapal itu ditutupi karat, debu dan cat terkelupas dan dipenuhi dengan rakun. Pada 2015, kapal selam itu mulai bergeser ke sisi pelabuhan, memaksanya ditutup untuk turis. Dalam gugatannya NewCo menuntut biaya perbaikan US$ 10 juta.
Lisnow mengatakan penjualan kapal selam adalah bagian dari penyelesaian gugatan 2016. Catatan pengadilan menunjukkan gugatan itu dibatalkan tahun lalu.

Berdasarkan rencana, kapal selam akan dipindahkan dari lokasinya pada pertengahan Mei 2020 mendaang. Bagian-bagian dari dinding batu yang mengelilingi kapal selam dan Queen Mary akan dipindahkan untuk membersihkan kapal selam dan akan diperbaiki sesudahnya.
Kapal selam ini sendiri memiliki sejarah panjang. Kapal selesai dibangun pada 1972 di Sudomekh Shipyard Leningrad dan pada tahun yang sama diluncurkan dan diberi nama  B-427.

Selama tahun 1972-1994 kapal dDitempatkan di Vladivostok dan melakukan patroli laut sebagai bagian dari Armada Pasifik Rusia. Pada  tahun 1989 saat kembali ke Vladivostok dari Vietnam,  kapal selam rusak oleh badai. B-427  berlabuh di Vladivostok untuk diperbaiki.

Pada tahun 1994  kapal selam  dinonaktifkan oleh Angkatan Laut Rusia dan pada Juli 1995 sebuah perusahaan Australia menyewa kapal selam  selama tiga tahun untuk menampilkannya di dekat sebuah museum di lepas pantai Sydney.

Agustus 1995 kapal selam dibuka untuk umum  sebagai daya tarik di Australian National Maritime Museum hingga Mei 1998 B-427 dijual kepada NewCo dari Palm Springs dan memulai perjalanannya ke Long Beach.

Juni 1998 kapal tiba   di Long Beach. Kapal dibeli dengan harga US$ 970.000. sebulan kemudian kapal selam dibuka  untuk umum, ditambatkan di sebelah Queen Mary.
Hingga tahun 2015 kapal selam  beroperasi sebagai objek wisata yang dikunjungi  rata-rata 7.900 orang per bulan selama puncak musim panas.  Pada Juni 2015 lambung kapal pecah  dan ditutup untuk umum.

Sumber : Jejaktapak

Komentar

Berita Terkini