-->
    |
Follow Us :

3 Jam Terjebak di Sumur, Bapak-Anak Diselamatkan Petugas Damkar Cimahi

Kali Dibaca
Petugas Damkar Kota Cimahi saat berupaya mengevakuasi korban Bakri dan Hendra yang terjebak di dasar sumur, Jumat (1/11/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
Mediaapakabar.com-Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi berhasil menyelamatkan Bakri (60) dan anaknya Hendra setelah sempat terjebak selama 3 jam di dasar sumur di depan rumahnya, Gang Haji Toyib RT 05/06, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Bakri dan Hendra terjebak di dasar sumur saat sedang memperdalam sumur berdiameter kurang dari 1 meter yang dangkal itu. Namun lantaran kelelahan, Bakri dan Hendra tak sanggup keluar dari sumur.

Terjebaknya Bakri di dalam sumur pertama kali diketahui oleh anaknya, Hendra. Saat itu Hendra sedang berada di dekat sumur yang tepat berada di depan rumahnya tersebut.

Ketua RW 06 Kelurahan Cibeber Muhammad Soma menjelaskan, Pihak keluarga dan warga sekitar sempat mencoba mengangkat korban dengan alat seadanya akan tetapi tidak berhasil sehingga kemudian memanggil petugas Damkar Kota Cimahi.

"Sempat ditolong pakai tali tambang, namun korban terjatuh lagi ke dasar sumur. Bahkan anaknya juga yang menolong, ikut terjebak. Ya dalamnya sekitar 25 meter," sambungnya.

Lima petugas Damkar dibantu satu personel Tagana yang datang ke lokasi langsung melakukan proses evakuasi. Yang pertama dievakuasi adalah anak dari Bakri yang saat itu sempat turun untuk menolong.

Dia juga mengalami kelelahan fisik dan sesak nafas di dasar sumur sehingga diangkat lebih awal. Setelah itu baru menyusul Bakri diangkat ke permukaan dengan menggunakan peralatan tali.

Petugas sempat menemui kendala saat mengevakuasi karena keberadaan dua tangga bambu yang berada di dalam. Bahkan, petugas pertama yang mencoba menyelamatkan korban harus ditarik kembali karena sempat terlitit tambang yang ada di dalam.

Setelah tangga disingkirkan petugas akhirnya dapat leluasa mengeluarkan bapak dan anak tersebut dari dasar sumur sekitar lewat tengah hari.

"Semuanya bisa diselamatkan meski tadi sempet terkendala karena ada petugas yang terlilit tali. Korban Bakri ada luka di bagian pelipis karena benturan tapi untung napasnya kuat. Korban Bakri dan Hendra dibawa ke RS Dustira," kata Tim Damkar Kota Cimahi Eri Rukmana.

"Korban ini sebenarnya akan naik ke permukaan, tapi kelelahan lantaran mengalami keram di kaki sehingga tak kuat untuk terus naik," kata Ketua RW 06 Kelurahan Cibeber Muhammad Soma saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (1/11/2019) dilansir sindonews.com.

Hendra sempat berupaya menolong sang ayah yang terkulai lemas di dasar sumur, namun upaya itu tidak membuahkan hasil.

(ar)

Komentar

Berita Terkini