Upaya Kerja Keras Kapolres Balikpapan dan Jajarannya Mengundang Perhatian KPAI

Media Apakabar.com
Sabtu, 26 Oktober 2019 - 10:11
kali dibaca
Upaya dan Kerja Keras Kapolres Balikpapan dan Jajarannya Mengundang Perhatian KPAI
Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak menyerahkan Penghargaan kepada Kapolresta Balikpapan AKBP Wiwin Firta, Jumat 25/10 di Mapolresta Balikpapan, Kalimantan Timur
Mediaapakabar.com-Berbagai upaya dan kerja keras Kapolres  Balikpapan dan jajarannya menjadikan Polres Balikpapan,Kalimantan Timur menuju "Ramah Anak" mengundang perhatian KOMNAS Perlindungan Anak untuk memberikan penghargaan.

Penghargaan diserahkan Arist Merdeka Sirait  selaku Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak kepada Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta atas dedikasinya peduli anak dan  menjadikan Polres Balikpapan menuju Polres ramah Anak.

Penyerahan penghargaan itu mendapat sambutan dari lebih kurang 1000 orang yang hadir mengikuti acara Syukuran dan Doa Bersama atas terselenggaranya Pemilu Serentak Tahun 2019 dengan Aman dan Damai yang diselenggarakan di Mapolresta Balikpapan Jumat 25 Oktober 2019.

Penghargaan  serupa juga diberikan kepada Kompol Andre Anas atas dedikasihnya membangun karakter anak melalui kegiatan Sosial anak dan Polisi Cilik (Pocil) serta reaksi cepatnya dalam merespon kasus-kasus anak berhadapan dengan hukum baik sebagai saksi, korban dan pelaku.

"Untuk itu, layak dan patutlah Polres Balikpapan mendapat apresiasi dan  penghargaan dari KOMNAS Perlindungan Anak", dengan demikian, pemberian  penghargaan ini semakin memperteguh kerjasama kemitraan strategis diantara kedua institusi dalam memberikan pertolongan bagi anak korban kekerasan dan korban dari segala bentuk pelanggaran anak di Balikpapan," kata  Arist Merdeka Sirait Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak Indonesia kepada sejumlah media di Mapolres Balikpapan, Jumat malam (25/10).

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Balikpapan AKP C. Siahaan kepada Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak disela-sela  acara syukuran mengatakan, Penegakan Hukum untuk masalah-masalah yang mengorbankan hak dan masa depan anak, di Polres Balikpapan  tidak mengenal kata damai atas penyidikannya .

"Semua kasus pelanggaran hak anak dan menjadikan kasus kekerasan seksual terhadap anak menjadi kasus prioritas yang ditangani," katanya.

Lebih jauh Arist Merdeka dihadapan 1000 peserta yang hadir menjelaskan,  ada empat tantangan yang dihadapi dan menjadi ancaman bagi anak-anak di Indonesia termasuk di Balikpapan yakni merajalelanya anak yang menjadi korban dan pelaku kekerasan baik dirumah, di sekolah dan dilingkungan sosial anak.

Banyaknya anak-anak terancam dan menjadi korban bahaya narkoba dan ponogafi, Anak dengan ketergantungan Gawai, games online dan Gajet serta anak-korban pola salah asuh, kurang gizi, pertumbuhan lambat dan kerdil (Stanting).

Hadir pada acara Syukuran dan Doa Bersama atas berlangsungnya Pemilu serentak  dengan aman dan damai yang digagas Polres Balikpapan Walikota Balikpapan yang diwakili Asisten Satu Bidang Pemerintahan, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Ketua MUI, Danrem Balikpapan, Ketua KPU Balikpapan serta  tokoh pemuda, Mahasiswa dan unsur  Forkompinda Balikpapan.

Hadir pula yang mewakili Polda Kaltim, Tokoh Agama dan Alim Ulama, Forkompimda Balikpapan,  Dandim, tokoh pemuda, mahasiswa, ibu-ibu majelistahlim, santri dan pelajar serta media masa.

Sementara itu, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta dalam sambutan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Balikpapan atas terselenggaranya Pemilu serentak 2019 dengan aman, sukses dan  damai.

Suksesnya Pemilu serentak hingga pelatikan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan dan pelantikan para Menteri Indonesia  kerja tidak terlepas dari peran serta dan partisipasi masyarakat, Tokoh agama, alim ulama, serta Partai Politik peserta pemilu,  kerjasama  pengaman TNI dan Polri, demikian juga peran serta media.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak bapak Arist  Merdeka Sirait dalam acara ini". Kami tidak menyangkah atas kehadiran bapak Arist Merdeka Sirait.  Oleh karenya selamat datang di Kota Balikpapan ini pak.

Kami juga menyampaikan terima kasih kami yang setinggi-tinggi atas kepercayaan KOMNAS Perlindungan Anak yang telah memberikan penghargaan kepada Polres Balikpapan.

Ini adalah sebagai penghormatan  bagi kami.Tentu Penghargaan ini akan kami jadikan sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi  dalam kerja-kerja penegakan hukum di masa depan", ujar Kapolres Balikpapan disambut dengan tepuk riuh oleh semua peserta yang hadir.

Diakhir sambutannya AKBP Wiwin Firta, menyampaikan pesan moral  kepada seluruh masyarakat Balikpapan dalam  rangka menyambut dan melaksana Pilkada Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020,  agar tidak melibatkan anak yang belum mendapat hak untuk memilih.

"Karena hal itu melanggar undang-undang Perlindungan Anak," pungkasnya.
Walikota Balikpapan dalam kata sambutannya yang dibacakan  Asisten Satu bidang Pemerintahan menyampaikan terima kasih atas diselenggarakan acara Syukuran dan Doa bersama ini.

Dia menambahkan, acara yang digagas dan diselenggarakan Polres Balikpapan ini adalah salah satu bentuk ucapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, atas terselenggarakan Pemilu Serentak 2019 dengan aman dan damai di Kota Balikpapan termasuk Pelantikan Presiden dan wakil presiden 2019/2024.

"Atas nama pemerintah kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak dengan demikian  harapan Pilkada tahun 2020  di Kota Balikpapan berjalan dengan aman, nyaman kondusip dan demokratis," pungkasnya.

Acara Syukuran dan Doa diakhiri dengan mendengar Tauziah dari Kiayi Kharismatik yang selalu ditungguh-tungguh jamaahnya dimanapun beliau ada dan hadir.

(Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini