|

Tari 1000 Cawan Meriahkan Upacara Hari Jadi Taput Ke 74

Kali Dibaca
 Bupati Taput Nikson Nababan, Wabup Sarlandy Hutabarat bersama anggota DPRD Taput ikut menari tari cawan.(Doc.apkabar)
Mediaapakabar.com-Tari 1000 cawan yang diperagakan para pelajar SMP se Taput memukau perhatian seluruh warga yang hadir pada hari jadi kabupaten Tapanuli Utara ke 74, Sabtu (5/10/2019) yang berlangsung di lapangan mini Serbaguna Tarutung.

Seribu orang penari itu berasal dari SMPN Tarutung, SMPN Pagaran, SMPN Sipoholon, SMPN Siborong-borong, SMPN Siatas barita dan SMPN Muara.

Tari cawan ini biasanya dibawakan oleh para penari wanita dengan membawa beberapa cawan yang ditaruh di bagian badan sebagai ciri khasnya.

Selain kesakralannya, tarian ini memiliki gerakan yang sangat unik dan cukup sulit, sehingga tidak bisa dilakukan sembarang penari.

Tor-tor cawan difungsikan sebagai media pembersihan diri, karena cawan berisi air perasan jeruk purut yang dibawa penari diyakini dapat membersihkan serta menjauhkan hal hal buruk dan jahat.

Saking menariknya, Bupati Taput Nikson Nababan, Wabup Sarlandy Hutabarat, para anggota DPRD Taput serta undangan lainnya ikut menari mengikuti gerakan dan irama tari cawan.

Pada kesempatan itu, bupati sangat bangga atas persembahan tari cawan dari 1000 pelajar untuk menghibur seluruh warga Taput di hari jadinya ke 74.

Terimakasih buat seluruh warga Taput yang telah hadir pada upacara hari jadi Taput ke 74 ini.  Saya juga  bangga semua anak-anak penari memakai ulos tangan.

" Budayakanlah ulos tangan, agar para penenun kita di Taput semakin maju dan berkembang," kata Nikson. (Win)



Komentar

Berita Terkini