Seluruh Elemen Masyarakat Diharapkan Jaga Kerukukan, Kedamaian & Kekondusifan Kota Medan

Media Apakabar.com
Kamis, 31 Oktober 2019 - 18:33
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan mengaku siap mendukung dan membantu tugas Pemko Medan dalam menjaga kerukunan dan kekondusifan Kota Medan. Terlebih di tengah-tengah keberagaman suku, etnis, agama dan budaya yang mewarnai Kota Medan sehingga menjadi miniaturnya Indonesia. Oleh karenanya, perlu dijaga, dirawat dan dilestarikan bersama.

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Forkala Kota Medan Datuk Adil Freddy ketika diterima Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Balai Kota Medan, Kamis (31/10). Selain bersilaturahmi, kedatangan mereka sekaligus menyerahkan buku berjudul 'Medan Beranda Budaya Nusantara' kepada Plt Wali Kota. Buku tersebut merupakan hasil buah pikiran dari seluruh pengurus yang berlatar belakang dari berbagai suku, etnis dan agama yang berbeda.

"Alhamdulillah, hari ini kedatangan kami disambut baik Bapak Plt Wali Kota. Tentu ini menjadi kebanggaan dan kebahagian bagi Forkala. Kami berharap kedatangan dan keberadaan kami memberi manfaat yang signifikan bagi Kota Medan khususnya dalam berkontribusi menjaga kerukunan dan khebinekaan di Kota Medan yang sama-sama kita cinta ini," kata Datuk Adil.
 
Diungkapkannya, buku 'Medan Beranda Budaya Nusantara' yang diberikan ke Plt Wali Kota masih tahap awal karena hanya merangkum sebagian informasi beberapa etnis di Kota Medan. Selanjutnya, Forkala akan menerbitkan buku kembali dengan isi narasi dari seluruh etnis secara rinci, lengkap dan jelas. Berkaitan dengan hal itu, Datuk Adil pun meminta saran dan masukan dari Plt Wali Kota untuk buku di edisi selanjutnya.
 
"Insya Allah, bulan Januari 2020 kita akan menerbitkan kembali buku Medan Beranda Budaya Nusantara. Untuk itu, kami minta Bapak Plt Wali Kota untuk menyampaikan saran, masukan dan harapannya agar dapat kami rangkum di dalam buku tersebut sekaligus nantinya berkenan untuk membubuhi tanda tangan pertanda bahwa kehadiran buku tersebut disambut baik," harapnya.
 
Plt Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi mengungkapkan terima kasih atas perhatian, kepedulian dan kecintaan Forkala kepada Kota Medan salah satunya dengan ikut serta merawat dan membina kerukunan hidup antar sesama meski di tengah-tengah perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Sebab, bilang Plt Wali Kota, kerukunan dan kedamaian menjadi barang mahal yang harus dijaga bersama.
 
"Kita patut berbangga karena Kota Medan dikaruniai dengan keberagaman. Perbedaan bukanah alasan untuk saling berselisih paham. Justru itu menjadi kekuatan dan modal kita bersama untuk membangun Kota Medan. Kita semua adalah sebuah keluarga besar yang hidup dalam satu rumah bernama Kota Medan," bilang Plt Wali Kota.
 
Selaim merawat kerukunan dan khebinekaan, Plt Wali Kota juga berharap Forkala dapat menjadi jembatan penghubung kepada masyarakat dalam mencegah dan menjauhkan diri dari penyalahgunaan narkoba. Sebab, Plt Wali Kota menilai, Forkala memiliki kapasitas untuk menyampaikan hal tersebut kepada masing-masing masyarakat sesuai dengan budaya dan kebiasaannya.
 
"Kami meyakini, bahwa Forkala diisi orang-orang yang paham dan menguasai tentang adat, kebiasaan serta budaya dari masing-masing etnis. Ini bisa menjadi modal untuk kita semua untuk mempermudahkan mengajak dan mengimbau masyarakat sesuai karakternya. Semoga setiap niat dan langkah baik yang kita lakukan, memberi manfaat bagi Kota Medan yang kita banggakan," harapnya.
 
Selanjutnya, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Medan juga beraudiensi ke Plt Wali Kota Medan. Kedatangan rombongan berjumlah sebelas orang yang dipimpin Hasan Basri Tanjung tersebut bertujuan untuk memperkenalkan jajaran pengurus sekaligus menyampaikan berbagai program yang dimiliki GP Ansor. Diharapkan, setiap program yang ada dapat disinergikan dengan program-program pembangunan Kota Medan.

(rel/dn) 
Share:
Komentar

Berita Terkini