Pemko Medan Bersama Pemda se-Sumatera Utara Mengikuti Rakorda

Media Apakabar.com
Selasa, 22 Oktober 2019 - 16:52
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Pemko Medan bersama pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota se-Sumatera Utara mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (APK) Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (22/10).

Tujuan Rakorda ini digelar untuk memberi pemahaman serta meningkatkan kemampuan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengelola dan menyusun laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang akuntabel dan transparan.

Mengangkat tema "Peningkatan Kualitas LKPD 2019 Melalui Optimalisasi Fungsi Pengelola Keuangan Daerah di Era Digital", Rakorda dibuka langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Ahmad Sofyan hadir mewakili Pemko Medan. Selain itu, para Bupati dan Wali Kota bersama Kepala BPKAD se-Sumut juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan Rakorda ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seluruh Pemda untuk meningkatkan pemahaman terkait sistematika dan aturan baku dalam menyusun LKPD. Hal ini bilang Gubsu bertujuan agar Pemda dapat menyajikan LKPD yang memuaskan sehingga mampu mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Opini WTP adalah reward. Tentu untuk memperoleh predikat tersebut, setiap Pemda berkewajibkan menyusun dan menyajikan LKPD dengan maksimal dengan senantiasa memperhatikan setiap poin dan kriteria yang harus dipenuhi. Untuk itu, hendaknya Rakorda ini dapat diikuti dengan seksama sehingga dapat membantu tugas kita dalam upaya memberikan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Gubsu.

Rakorda yang dimulai  pukul 15.00 WIB ini diisi dengan pemaparan materi terkait akuntansi dan laporan keuangan yang disampaikan oleh narasumber yakni Wiwin Istanti selaku Direktur Akuntansi dan Keuangan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementrian Keuangan RI dan Tirta Sebayang selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Provinsi Sumut.

Kepala BPKAD Kota Medan Ahmad Sofyan mengatakan Pemko Medan mengapresiasi digelarnya Rakorda tersebut. Dinilai Ahmad, Rakorda ini sangat membantu tugas Pemda dalam menyusun LKPD guna meminimalisir kesalahan dan kekeliruan. Dengan harapan nantinya, Pemko Medan dapat menyajikan LKPD dengan lebih baik.

"Rakorda ini tentu memberi manfaat bagi kita semua dalam mengelola dan menyusun LKPD. Semoga semua upaya yang dilakukan dapat memberi output signifikan khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga Kota Medan yang dapat dirasakan secara adil dan merata," bilang Ahmad.

(rel/dn) 

Share:
Komentar

Berita Terkini