Pemkab Langkat Gelar Pelatihan LKM Bumdes dan Koperasi

Media Apakabar.com
Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:34
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos Hermansyah membuka  pelatihan manajemen akutansi dan pembukuan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Bumdes dan Koperasi kabupaten, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (15/10/19).

Pelatih ini diselenggarakan oleh  Bagian Perekonomian Setdakab Langkat.Asisten II pada sambutannya, berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan SDM pengurus Bumdes dan Koperasi, dengan semakin kreativ dan inovatif dalam membangun daerah.

"Sehingga mampu menjadikan masyarakat desa sejahtera," harapnya.Selain itu, Asisten II juga berharap, keberadaan Bumdes dan Koperasi dapat menjadi orientasi para pemangku kepentingan, untuk meningkatkan partisipasi dan mewujudkan masyarakat yang bergiat dalam usaha.

Maka dalam kesempatan ini, Asisten II meminta, para pengurus melalui wadah Bumdes maupun Koperasi, dapat menemukan peluang menggali atau bahkan berkreasi menciptakan potensi wisata di desa masing – masing.

Agar dapat menyerap tenaga kerja, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat melalui efek positif yang di timbulkannya.

Dimana hal itu, sejalan dengan visi Bupati Langkat, yakni menjadikan Langkat yang maju sejahtera dan religius, melalui pengembangan pariwisata.Kabag Perekonomian, H Sutrisuwanto pada laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan SK Sekdakab Langkat No: 131/K/EKON/2019.Tujuannya untuk menumbuh kembangkan perekonomian rakyat menjadi tangguh, berdaya saing dan mandiri, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Langkat.

"Terutama meningkatkan perekonomian masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah, serta mewujudkan seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan dan akuntabel, " terangnya.Pelaksanaan pelatihannya, sambung Sutrisuwanto, dengan menghadirkan Nara sumber dari OJK Regional V Sumbagut Langkat, kantor BPKP Provsu dan Dinas PMD Langkat.

Sedangkan pesertanya, berjumlah 76 orang bendahara pengelola LKM Bumdes dan Koperasi yang ada di kecamatan se Langkat.

(rel/dn) 
Share:
Komentar

Berita Terkini