Pemilih di Blitar Desak PDIP Copot Arteria Dahlan

Media Apakabar.com
Senin, 14 Oktober 2019 - 20:40
kali dibaca
Para pemilih di Blitar, sepakat PDIP mencopot Arteria Dahlan. Foto/Ilustrasi
Mediaapakabar.com-Masyarakat Blitar sepakat PDIP mencopot anggota DPR RI Arteria Dahlan.
Arteria Dahlan mencalonkan diri sebagai DPR RI melalui Dapil 6 (Blitar, Tulungagung dan Kediri) Jatim. Untuk yang kedua kalinya politisi PDIP itu lolos ke Senayan.

Desakan untuk mencopot Arteria Dahlan tersebut, di antaranya disampaikan para dosen dan tenaga pendidik Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL-UI) melalui petisi resmi.

Sebagai warga Blitar yang sekaligus aktivis Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar, Moh.Triyanto menilai Arteria memang tidak memiliki tata krama politik yang baik.Gaya komunikasi yang arogan dan kasar Arteria tidak mencerminkan kultur masyarakat Mataraman yang memilihnya. Dan itu memalukan.

"Kalau memang ada desakan publik untuk mencopotnya, ya wajarlah. Anggap saja sebagai dinamika politik," ujar Moh. Triyanto kepada Sindonews.com Senin (14/10/2019).

Menurut Triyanto, selain kasar dan arogan, cara berfikir serta sikap Arteria Dahlan ditengarai tidak mewakili suara masyarakat dapil 6. Dicontohkan polemik revisi UU KPK.

Kengototan Arteria merevisi UU KPK, kata Triyanto tidak berbanding lurus dengan aspirasi masyarakat di dapil, khususnya Blitar. Sebagai wakil rakyat Arteria terlihat hanya mengedepankan aspirasi partainya.

"Kengototannya soal revisi UU KPK tidak berbanding lurus dengan mayoritas suara di dapilnya," tegas Triyanto.

Seperti dilansir sindonews.com,Bagi Triyanto, bergaya kontroversial seperti yang diperlihatkan Arteria boleh boleh saja. Karena bagian dari style politik. Namun, gaya apapun kata Triyanto tetap harus dilandasi rasionalitas dan menjunjung tinggi etika.

Dia juga mengatakan, andai Arteria Dahlan bukan bagian partai penguasa, sikapnya yang tidak berterika itu tentu akan mudah diseret ke persoalan hukum. Arteria bisa dijerat dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan. "Usul saya kepada saudara Arteria Dahlan, ingat kekuasaan politik bisa berubah setiap saat," tegasnya.

Sebagai anggota DPR RI dari Dapil 6, kontribusi apa yang selama ini sudah diberikan Arteria Dahlan kepada masyarakat dapil yang memilihnya?. Triyanto menegaskan nyaris tidak ada.

(ar)
Share:
Komentar

Berita Terkini