|

Koperasi Menghindarkan Jeratan Rentenir

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Pergerakan koperasi yang maju,diharapkan dapat menghindari jeratan rentenir,selain itu koperasi juga bisa menentukan harga jual dari hasil produksi dan berperan besar dalam mengelola perawatan perkebunan,khususnya di sentra perkebunan kelapa wawit.

Sebut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos Hermasyah, saat memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Langkat, Senin (21/10/2019).

Perlu diketahui,sambung Hermasyah,bahwa koperasi di Langkat cukup besar jumlahnya. Pada umumnya bergerak dibidang unit usaha simpan pinjam,dan sebagaian koperasi yang lain telah mengembangkan unit usahanya pada pemasaran hasil pertanian dan perkebunan,produksi makanan ringan,pencatatan jasa listrik,warung serba ada,dan penyedian barang – barang kebutuhan anggota.

Namun,untuk mewujudkan koperasi yang mandiri dan usaha mikro kecil yang kuat, kata Hermansyah,masih ditemukan hambatan,yaitu masalah SDM dan permodalan.Untuk itu dalam penyusunan program kegiatan Dinas terkait,diharapkan mampu menyusun  program yang dapat menyelesaikan permasalahan dimaksud.

Sebab,kemandiriankoperasi dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat,karena koperasi mampu memberikan kontribusi peningkatan pendapatan.

Marilah kita sama – sama  meningkatkan efesiensi dan efektifitas serta meningkatkan keunggulan kompetitif untuk memajukan Koperasi dan semua bidang usaha lainnya,agar dapat menjadikan Langkat yang maju,sejahtera dan religius,”ajak Hermasyah.

Sembari menerangkan,bahwa koperasi di Indonesia telah berusia 72 tahun,dan telah mendapatkan pengakuan dari Perserikatkan Bangsa – Bangsa (PBB) melalui resolusinya No 64/146,bahwa peran koperasi khususnya koperasi Indonesia sebagai organisasi usaha,telah terbukti mampu bertahan dalam keadaan krisis ekonomi global, mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi,membuka lapangan kerja dan meningkatkan kemakmuran rakyat.

“Atas keberhasilan koperasi,PBB juga telah mencanangkan tahun 2012,sebagai tahun koperasi dunia (International Year Cooperative),”pungkasnya.

(rel)
Komentar

Berita Terkini